Festival
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Dangin Puri Kangin Festival VI Tahun 2023 Sabtu (26/8/2023) malam di Kawasan Pendidikan Jalan Kamboja Denpasa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Dangin Puri Kangin Festival VI Tahun 2023 yang ditandai dengan menancapkan Kayonan di Kawasan Pendidikan Jalan Kamboja Denpasar, Sabtu (26/8/2023) malam dan akan berlangsung hingga Minggu (27/8/2023). Kegiatan yang mengangkat tema ‘Candika Jiwa Janu Khandra’ yang berarti upaya kreatif untuk memperkokoh jiwa menuju cahaya kehidupan yang sejahtera dan bahagia ini dilaksanakan guna memberikan wadah kepada kelompok atau sekaha yang ada di masing-masing banjar dalam berkesenian dan pelestarian seni dan budaya Bali.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua Komisi Satu DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara, Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yuswara, Perbekel Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra dan unsur terkait lainya.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Perbekel Dangri Kangin, I Wayan Sulatra dalam laporannya menjelaskan, Dangin Puri Kangin Festival VI ini dikemas dengan sejumlah rangkaian acara menarik yang melibatkan partisipasi komponen masyarakat desa. Diantaranya ditampilkan potensi seni di masing-masing banjar seperti Parade Gong Kebyar Ibu-Ibu PKK,  hingga Sekaa Shanti dan Geguntangn dari seluruh banjar se- Desa Dangin Puri Kangin. Tak hanya itu, penampilan yang sangat ditunggu-tunggu yakni Parade Baleganjur STT (Sekaa Teruna Teruni) dari tujuh Banjar yang menyuguhkan atraksi luar biasa dan berhasil memukau penonton.

Lebih lanjut di jelaskan, Selain atraksi seni budaya juga, festival ini dimeriahkan dengan pameran beragam jenis kuliner dan pelaku ekonomi kreatif di Desa Dangin Puri Kangin. Sehingga, pengunjung yang hadir, selain mendapatkan hiburan juga bisa memanjakan lidah dan perut dengan beraneka ragam kuliner lezat dari 30 pelaku UMKM di desa digital ini.

Baca Juga :  “Energi Untuk Negeri” Penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024, Wujud Semangat Masa Depan SDM Unggul di Bali

Selain itu,  turut  digelar beragam lomba, mulai dari lomba menggambar, mewarnai dan menyanyi untuk anak-anak, serta demeriahkan dengan artis penyanyi dan band Bali seperti Nanoe Biru, Harmonia dan Bayu KW.

Sementara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Dangri Kangin Festival ini. Pihaknya mengaku bangga dan kagum atas komitmen Desa dalam menumbuhkan dan menjaga seni budaya yang dimiliki serta memberikan wadah serta ruang kreativitas bagi pelaku kreatif dan UMKM untuk terus bertumbuh.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Explora FBTSH Universitas Bali International

Dimana, lanjut Jaya Negara, lewat kegiatan ini secara langsung mendukung visi Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Hal ini khususnya misi kelima yakni menguatkan jati diri dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali.

“Tentu kami dari Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi sekaligus dukungan atas pelaksanaan Dangin Puri Kangin Festival VI Tahun 2023 ini, semoga kegiatan semacam ini terus tumbuh sebagai upaya mewadahi kreativitas untuk mendukung pelestarian seni budaya, termasuk juga mendukung pergerakan perekonomian lokal pelaku UMKM,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News