Kegiatan TMMD
Kegiatan TMMD ke-117 Tahun 2023, Kodim 1611/Badung, di Desa Darmasaba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – I Made Sutana (51) seorang petani asal Desa Darmasaba, salah satu dari sekian penerima program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun Anggaran 2023 oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1611/Badung, mengaku menerima manfaat luar biasa dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

“Saya hanya petani, ke sawah pun jalan kaki karena kami tidak memiliki kendaraan. Hasil pertanian juga tidak seberapa, kami hanya bisa menyambung hidup dengan sederhana. Beginilah kami, kepikiran bangun rumah pun tidak ada,” ucap Made Sutana didampingi anak semata wayangnya, Yogi, saat dikunjungi Kodim Badung.

Saat ini ia mengaku bahagia, sebagai penerima manfaat positif dari kegiatan “Bedah Rumah” dengan agenda pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kodim 1611/Badung, membuatnya semakin bersemangat bangkit dari kesedihan di masa lalu dan Yogi (anak satu-satunya) bisa belajar lebih layak saat berada dirumah.

“Saya juga sangat berterima kasih, Yogi sekarang punya tempat belajar yang layak, tempat istirahat yang nyaman, apalagi Komandan juga memberikan seragam sekolah dan perlengkapan sekolah lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Gelar Posko Angkutan Udara Idul Fitri 1445 H, Akan Layani Sebanyak 1.012.005 Penumpang

Rasa bangga dengan pencapaian pembangunan bersama TNI AD juga dirasakan oleh Made Suardana sebagai warga setempat, mengaku kagum dengan semangat para personel dari Kodim 1611/Badung bersama masyarakat bergotong-royong membangun jalan untuk petani di Desa Darmasaba, dalam misi TMMD ke-117.

“Saya juga turut serta bergotong-royong, melihat langsung bagaimana bapak-bapak TNI menuntaskan pengerjaan jalan ini, tidak ada kata lain selain terima kasih, karena program ini, kami jadi bisa mempermudah proses distribusi hasil pertanian,” imbuhnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke-117, Dandim 1611/Badung, Letkol Arh Teguh Waluyo menjelaskan, selain berfokus pada pembangunan jalan usaha tani, program juga diisi agenda pembangunan 2 unit RTLH milik I Wayan Doble (75) dan I Made Sutana (51) serta kegiatan non fisik seperti Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kebupaten Badung, Bali, dimulai 12 Juli-10 Agustus 2023.

“Selain pembangunan infrastruktur, kita tidak boleh melupakan penguatan SDM (Sumber Daya Manusia, red) karena ini merupakan bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu, program TMMD ini juga implementasi dari sila ke-3 Pancasila yakni “Persatuan Indonesia” bermakna luar biasa, memberikan dampak begitu besar jika berhasil diamalkan dengan tepat.

“Persatuan Indonesia terlihat nyata sekali. Terlihat dari bagaimana masyarakat bersatu bersama personel kami dalam menuntaskan misi pembangunan TMMD oleh Kodim Badung tahun ini,” tambahnya.

Selanjutnya, apresiasi kepada Kodim 1611/Badung juga diberikan oleh Wakil Bupati Badung, Drs. I Ketut Suiasa. Ia berharap sinergi ini terus berlanjut, menjadi agenda rutin mendorong pembangunan di Kabupaten Badung.

“Saya, mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim Badung, karena kegiatan ini sangat luar biasa memang sejatinya TNI itu sejarahnya dari rakyat, semoga sinergi ini bisa terus berlanjut untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Selain itu, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI, Sonny Aprianto dan Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Agus Muchlis Latif turut menyampaikan rasa bangganya sebagai bagian dari TNI AD dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan program TMMD ke-117 Kodim 1611/Badung Tahun 2023, sehingga dapat selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Personel yang terlibat dalam Satgas TMMD di Badung, makan dan tidurnya di rumah masyarakat, inilah gambaran bahwa TNI merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari rakyat,” cetus Darem Wira Satya.

Sedangkan Pangdam Udayana menegaskan, kolaborasi dan sinergi adalah kunci, misi mulia harus dikerjakan bersama, berbaur dengan masyarakat tanpa sekat, itulah TNI yang hadir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Ini merupakan bukti bahwa program TMMD merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI-Rakyat. TNI selalu di hati Rakyat!,” tutup Pangdam Udayana.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News