Calon Juara Desa
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara saat mengikuti Pemaparan Calon Juara Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Wilayah II Tahun 2023 di Kantor Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa, Jakarta Selatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar menjadi satu-satunya wakil Bali, khususnya Kota Denpasar yang berhasil berjaya di tingkat Regional Wilayah II Tahun 2023. Dimana, Desa Tegal Harum dinyatakan menenuhi syarat untuk mengikuti Pemaparan Calon Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023. Capaian ini setelah sebelumnya Desa Tegal Harum mengikuti penilaian lapangan oleh Tim Nasional untuk Regional Wilayah II.

Serangkaian tahapan pemaparan tersebut, Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara menyampaikan pemaparan kemajuan desa dihadapan Tim Nasional yang digelar di Kantor Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa, Jakarta Selatan, pada Selasa (8/8/2023). Bertindak sebagai penamping, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, I Wayan Budha dan Camat Denpasar Barat, I.B Purwanasara.

Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara menjelaskan, berdasarkan Penetapan Hasil Penilaian Pleno Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023, terpilih 3 Desa dan 3 Kelurahan di setiap Regional, dengan total 12 Desa, dan 12 Kelurahan dari seluruh Indonesia, untuk diseleksi dan ditetapkan sebagai juara regional. Dimana, Desa Tegal Harum menjadi satu-satunya wakil Provinsi Bali di kancah Regional Wilayah II.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pemaparannya, Komang Adi sapaan akrabnya mengaku menyampaikan beberapa hal utama, yakni tentang kemajuan dan perkembangan yang telah dicapai dihadapan Tim Penilai. Dimana kemajuan tersebut merujuk pada beberapa bidang utama, yakni Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Kewilayahan Desa, dan Bidang Kemasyarakatan Desa.

Baca Juga :  Konsisten Sebarkan #Cari_Aman Melalui Kunjungan ke Sekolah Binaan

Adapun beberapa inovasi yang hingga kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk bidang pemerintahan terdapat beberapa inovasi yakni Keterbukaan Informasi, Pelayanan Anjungan Dukcapil Mandiri, Peningkatan kualitas UMKM Desa, Pelayanan Sipinter Online, Sistem Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (Sirabi), Anjungan Touchscreen Monitor, Pelayanan OSS, Perpustakaan Sastra Mahotama, Inovasi Rekreasi, Edukasi serta Literasi dan Aplikasi SIPESAT untuk mendukung layanan perpustakaan di desa berbasis digitalisasi.

Selanjutnya pada bidang kewilayahan turut digencarkan Bank Sampah serta CSR dan MoU. Sedangkan pada bidang kemasyarakatan turut diterapkan inovasi Sidawai Cantik (Aplikasi Dasa Wisma Terintegrasi, Canggih, Efektif dan Akurat), Aplikasi Posyandu dan Hatinya PKK

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Meski demikian, pihaknya mengatakan bahwa capaian ini berkat peran serta masyarakat, Pemerintah Kota dan seluruh OPD terkait. Dimana, lomba ini menjadi motivasi untuk terus mengembangkan potensi yang ada sehingga mampu memberikan kemanfaatan optimal bagi masyarakat.

“Keberhasilan suatu pemerintahan dan pembangunan tetap harus ada partisipasi dari masyarakat sehingga apa yang kita programkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas prestasi Desa Tegal Harum yang saat ini telah memasuki tahap keempat dari 5 tahapan penetapan juara. Tentunya capaian luar biasa ini harus terus dioptimalkan guna menjadi yang terbaik nantinya.

Baca Juga :  Lewat Bukber Jalin Silaturahmi dan Kebersamaan Member Honda Big Bike Bali

“Tahap pemaparan yang telah dicapai saat ini merupakan wujud keberhasilan dan konsistensi Desa Tegal Harum dalam menjalankan dan mengembangkan program-program pelayanan publik, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, guna percepatan peningkatan sosial ekonomi pasca pandemi,” Kata Wawali Arya Wibawa.

Lebih lanjut, pihaknya berharap Lomba Desa ini bukan suatu capaian akhir, namun motivasi dan ajang untuk terus berbenah. Termasuk juga kedepan Desa Tegal Harum dapat menjadi percontohan pembangunan dan inovasi desa dalam mendukung kemajuan daerah serta memberikan kemanfaatan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Kami sangat mengapresiasi Desa Tegal Harum  masuk nominasi evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan Regional II Jawa-bali tahun 2023. Ini merupakan wujud keberhasilan pemerintah Desa Tegal Harum serta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek pembangunan, sarana dan parasaran desa, dan ke depan akan menjadi contoh bagi desa yang lain di Kota Denpasar, bahkan di Provinsi Bali,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News