DJSL
ITDC Berkomitmen Menjalankan Program TJSL Bagi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar Kawasan yang Dikelola. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development (ITDC) perusahaan member InJourney Group, berkomitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Program TJSL adalah komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di wilayah yang dikelola dan dikembangkan oleh ITDC yaitu The Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali, The Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan The Golo Mori di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama ITDC, Ari Respati mengungkapkan, bersyukur dengan pencapaian perusahaan dalam upaya untuk berkontribusi melalui kegiatan atau program TJSL yang memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan lingkungan di wilayah sekitar kawasan yang kami kelola.

“Kami sadari bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi, oleh karena itu, kami akan terus berusaha untuk meningkatkan dampak positif pengembangan dan pengelolaan kawasan yang kami kelola, dan bekerja sama dengan pihak terkait dalam pencapaian tujuan kami,” jelas Ari.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024, Terbesar di Indonesia

Di The Mandalika, Lombok Tengah selama tahun 2020-2023, sejumlah kegiatan TJSL yang telah dilakukan ITDC diantaranya terbagi menjadi beberapa pilar yaitu Pilar Sosial; Bantuan penanggulangan Covid-19 dengan pemberian masker, hand sanitizer, dll, Program Safari Ramadhan (Santunan Anak Yatim dan Bantuan Paket Sembako ke desa penyangga), Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi warga terdampak relokasi di HPL 94, Nutrisi Untuk Anak Indonesia bagi anak-anak terdampak relokasi di HPL 94, Bantuan Pencegahan Stunting di Desa Penyangga Mandalika.

Kegiatan pada Pilar Ekonomi; Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di desa penyangga saat Covid-19, Pelatihan Mekanik Sepeda Motor Bagi Pemuda di Desa Penyangga Mandalika, Program Integrated Farming System di Dusun Belar dan Dusun Montong Tekot, Desa Sukadana, Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian sekaligus pelatihan kelembagaan BUMDes bagi warga terdampak relokasi di Dusun Ngolang, Desa Kuta. Dan kegiatan pada Pilar Lingkungan berupa: Program penghijauan di sekitar  bypass BIL – Mandalika dan Program Bakti BUMN untuk Mandalika.

Baca Juga :  Indonesia Usulkan 'Centre of Excellence' Jadi Solusi Masalah Iklim

Selain itu, ITDC juga melakukan program TJSL di The Nusa Dua pada tahun 2020 – 2022 pada Pilar Sosial berupa; Bantuan Penanggulangan COVID-19, Bantuan Sembako untuk masyarakat Desa Penyangga The Nusa Dua saat COVID-19, Bantuan Sarana & Prasarana umum, dan Bantuan perbaikan dan sarana ibadah bagi Desa Penyangga The Nusa Dua.

Kegiatan pada Pilar Ekonomi; Pelatihan Digital Marketing bagi pedagang anggota paguyuban di pantai Nusa Dua, Perbaikan tempat usaha paguyuban jasa surfing dan massage di pantai Nusa Dua, Pelatihan dan pendampingan kepada kelompok mitra binaan ITDC di sektor pertanian dan peternakan. Dan kegiatan pada Pilar Lingkungan: Program penghijauan dengan pemberian bantuan bibit tanaman yg ditanam pada sekitar kawasan geopark gunung batur Kintamani, Kabupaten Bangli.

ITDC  sebagai perusahaan yang ditugaskan mengelola KEK Mandalika pada tahun 2022 menjadi BUMN Pendamping dan ikut serta dalam Kolaborasi 32 BUMN di Mandalika  merealisasikan  program TJSL di desa penyangga The Mandalika seperti Bantuan Sarana Edukasi, pembangunan tempat ibadah, Penanaman pohon, program Bank Sampah dan juga Program Pengembangan UMKM.

Baca Juga :  Rayakan Hari Kartini Bersama Perempuan Pelaku UMKM, OJK Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan

Sebagai informasi, ITDC bersama Injourney melalui Program Injourney Hospitality Houses (IHH) memberikan pelatihan untuk peningkatan standar pelayanan pariwisata dengan keramahtamahan Indonesia kepada pelaku usaha dan masyarakat di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya adalah kawasan The Mandalika.

Kegiatan ini akan menghadirkan local talent yang telah mendapatkan pelatihan training on trainer dari Injourney selama 3 hari di Labuan Bajo. Program IHH dilakukan setiap bulan hingga bulan Desember 2023 dengan jumlah peserta 60 orang setiap bulannya. Program IHH di The Mandalika akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Juli 2023 mendatang.

“Kami mengundang para mitra, masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk turut serta dalam menjalankan dan merealisasikan program TJSL ini. Bersama-sama, kita dapat menciptakan perubahan yang berarti bagi masyarakat dan lingkungan,” tutup Ari.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News