AstraWorld
Kolaborasi AstraWorld & Gojek Bali pada Kampanye Safety Driving ‘Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas'. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kolaborasi AstraWorld dengan Gojek Bali pada Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) Safety Driving diadakan pertama kalinya di Denpasar, pada 20-21 Juli 2023. Dengan fokus pada edukasi keselamatan berkendara Mitra Gocar, pelatihan ini membahas tentang perilaku pengendara, edukas fitur kendaraan, sosialisasi tips aman berlalu lintas, bagaimana meminimalkan resiko kecelakaan  dan kampanye keamanan berkendara via media sosial.

Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dibuka oleh Alexandra Dewi selaku Regional Head Bali & Indonesia Timur PT. Astra International Tbk – AstraWorld. Dalam sambutannya Alexandra menyampaikan safety driving  mendukung program UN Decade of Action for Road Safety 2021-2030.

“Standar safety driving di Indonesia mengacu pada Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 yang wajib dipahami dan dipatuhi oleh pengguna jalan,” ucap Alexandra.

Berlokasi di kantor Setir Kanan Denpasar, pelatihan safety driving selama 2 hari  menghadirkan narasumber internal Astra. Hari pertama materi pelatihan dibawakan Andik Kurniawan (Service Head Toyota Auto2000 Singaraja) dan Edy Purwanto (Service Head Toyota Auto2000 Tabanan).

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

Pelatihan safety driving hari ke-2 diberikan Kristo Heriyanto (Service Head Astra Daihatsu Ngurah Rai Kuta) dan Fredrick Yohanes (Head Service Astra Daihatsu Cokro, Tabanan & Gianyar).

Bonus materi diberikan Made Dwi Setiawan, Operation Coordinator ERA (Emergency Roadside Assistance) AstraWorld mengenai tips & trick jumper accu yg benar dan pengecekan cairan yg ada di mobil (minyak rem, air accu, oli mesin, air radiator dan air wiper) serta dasar-dasar perawatan kendaraan ringan harian/mingguan.

“Tujuan utama IAABL safety driving adalah memastikan keamanan & keselamatan Mitra Gocar dari risiko kecelakaan, serta melindungi nyawa dan harta benda. Kedepanya training ini memberikan added value layanan Gojek kepada pelanggan Mitra Gocar karena telah mengikuti pelatihan keamanan & keselamatan dalam berkendara dari ASTRA,” tambah Alexandra.

Safety Driving disebut sebagai Skill-Based Driving atau berkendara dengan keterampilan dan pengalaman berdasarkan standar keselamatan yang berlaku. Seperti paham dan patuh aturan lalu lintas, mengindari mengemudi dalam kondisi tidak aman, menggunakan sabuk pengaman, menjaga jarak, menghindari distraksi, etika mengemudi dijalan serta perawatan kendaraan secara teratur.

Setelah pelatihan diharapkan Mitra Gocar memiliki dasar safety driving dan acuan dasar defensive driving seperti alertness (kewaspadaan), awareness (kesadaran), positive mental & attitude (sikap & mental positif) sebagai langkah preventif dan meminimalisir kecelakaan dan ancaman

District Head Gojek Bali, Rayi Bimantara mengatakan, kerja sama strategis dengan AstraWorld menjadi tolok ukur bagi standar keselamatan yang diberikan oleh Gojek kepada pelanggannya.

“Kami sangat serius memberikan standar keselamatan dan keamanan yang sangat baik di Bali,” ungkap Rayi.

Antusiasme  ditunjukan dengan kehadiran diatas 100% atau melampaui 100 Mitra Gocar dari target  100 peserta, Mitra Gocar tidak hanya mendapatkan knowledge dan skill, banyak benefit yang diperoleh. Toyota Auto2000 dan Astra Daihatsu memberikan free check up kendaraan. Khususnya dihari ke 2, Astra Daihatsu memberikan free fogging (pengasapan kabin kendaraan dengan cairan khusus untuk tujuan sterilisasi dari kuman) dan Rapid Service (pemeriksaan kondisi kesehatan kendaraan saat ini)

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara

Selain it,u yang membuat acara semakin seru, AstraWorld memberikan give away kunci rem cakram motor kepada semua peserta. Hadiah-hadiah untuk peserta terinteraktif, peserta penjawab quiz dan peserta terbaik. 40 goodie bag limited edition IAABL bagi mitra Gocar yang berhasil upload video kampanye safety driving melalui akun sosial media dengan mention @astraworld @gojekindonesia @iaabl.amanaja dengan mencantumkan hastag #IAABL #safetydriving #AmanAja #TENANGDIJALAN #GojekIndonesia #BengkelBelajarMitra.

IAABL Safety Driving Bali juga bentuk komitmen value chain Grup Astra Bali yaitu, Toyota AUTO2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra BMW, AstraWorld, Setir Kanan. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News