Pajak
100 Siswa SMAN 3 Denpasar Ikuti Kegiatan Pajak Bertutur 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) mengadakan kegiatan Pajak Bertutur Tahun 2023 yang mengangkat tema ‘Sadar Pajak, Bukti Peduli Pada Negeri’.

Kali ini, Kanwil DJP Bali mengadakan Patur Tahun 2023 kepada siswa SMAN 3 Denpasar (Trisma). Acara dilaksanakan secara langsung di Aula SMAN 3 Denpasar pada Kamis (27/7/2023).

Acara ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan siswa kelas X di SMAN 3 Denpasar. Kepala Kanwil DJP Bali, Nurbaeti Munawaroh bersama dengan Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Waskito Eko Nugroho saat menyampaikan laporan kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan pajak bertutur ini serentak diadakan oleh unit kerja di bawah Kanwil DJP Bali pada hari ini 27 Juli 2023 ke 12 sekolah yang ada di Bali.

Baca Juga :  Dapat Alokasi 4.602 Formasi, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pengangkatan PPPK di Tahun 2024

”Adik-adik disini inget kondisi Bali saat Covid-19 kemarin ? Sepi sekali kan, kayak kata salah satu teman kalian tadi, kayak Kota Mati kan. Kalian disini sudah vaksin semua kan ? Anggaran APBN yang digunakan untuk membeli vaksin yang menghabiskan lebih dari 100 triliun. Dimana kalian tahu bahwa APBN itu 80% sumbernya dari pajak, jadi adik-adik disini bisa mengerti manfaat pajak yang dirasakan langsung oleh adik-adik,” ujar Nurbaeti saat menyampaikan paparan.

”Adik-adik sekolah di sekolah negeri ini, juga dibiayai dari uang APBN, uang pajak, dimana anggaran dari APBN lebih dari 20% untuk pendidikan,” tambahnya.

Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJP Bali telah memilih SMAN 3 Denpasar menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan pajak bertutur ini.

”Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan yang bagus untuk anak-anak kami dimana mengenalkan pajak sedari dini, sedari usia muda, anak-anakku semua disini merupakan calon pahlawan bangsa. Kita tau kalau kita beli sesuatu ada catatan pajaknya, nah pajaknya itu digunakan untuk dana bos, bangunan tempat ibadah yang bagus-bagus, saya berpesan, tolong manfaatkan kegiatan ini dan jangan lupa sebarkan ke teman-teman lainnya, agar makin ngerti manfaat pajak,” ujar Kadek Dwi.

Acara Pajak Bertutur dilanjutkan dengan penyampaian materi kesadaran pajak yang disampaikan oleh Fungsinal Penyuluh Kanwil DJP Bali yaitu Mozes D.F. Nangi dan Dedik Herry Susetyo. Selama acara berlangsung, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan dengan diberikan kuis, games dan tanya jawab.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

Kanwil DJP Bali juga memberikan hadiah kepada siswa yang sudah turut aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pajak bertutur ini.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Waskito Eko Nugroho mengharapkan dengan adanya kegiatan Pajak Bertutur, siswa disini yang merupakan calon wajib pajak makin mengerti makna dan manfaat dari pajak.

“Seperti tagline kegiatan ini ‘Sehari Mengenal, Selamanya Bangga’, kami harapkan siswa bisa mengerti apa itu Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, hingga hak dan kewajiban perpajakannya sehingga ketika sudah berpenghasilan para siswa tidak bingung lagi bagaimana membayar pajak dan melaksanakan kewajiban perpajakannya,” tutup Waskito.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News