Bulan Bakti Gotong Royong
Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menyerahkan bantuan saat kegiatan Menyambut Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat oleh DPC LPM Densel di Wantilan Pura Dalem Sakenan pada Minggu (28/5/2023) pagi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menyambut Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat yang tengah berlangsung pada bulan Mei 2023 ini, DPC Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Denpasar Selatan menggelar rangkaian kegiatan yang menggandeng seluruh lapisan masyarakat di wilayah Denpasar Selatan. Kegiatan dipusatkan di Wantilan Pura Dalem Sakenan pada Minggu (28/5/2023) pagi.

Dalam kesempatan ini hadir langsung Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa membuka acara bersama Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung. Hadir pula Camat Densel, Made Sumarsana, Lurah Serangan, Wayan Karma serta undangan lainnya.

Acara juga diisi dengan sosialisasi World Mosquito Program (WMP) yakni penggunaan bakteri Wolbachia untuk menghambat penularaan penyakit bawaan nyamuk yakni Demam Berdarah. Sosialisasi dibawakan Kabid Pelayanan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. A.A Ngr Gde Dharmayudha, M.Kes.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat di Kecamatan Densel kali ini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Safari Kesehatan dan Donor Darah Serangkaian HUT Tagana Denpasar

“Bahwa Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat mempunyai tujuan dalam mempercepat proses pembangunan di Denpasar melalui integrasi sosial masyarakat. Pelaksanaanya tentu membutuhkan dukungan serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program ini benar-benar merupakan program pembangunan yang berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat. Dimana berlandaskan semangat gotong-royong sebagai ciri khas budaya bangsa Indonesia atau spirit Vasudhaiva Kutumbakam,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia, Dr. Made Oka Cahyadi Wiguna, S.H., M.Kn., mengatakan, Bulan Bakti Gotong Royong Kecamatan Densel 2023 ini mengambil tema ‘Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Kecamatan Densel Kita Tingkatkan Peran DPC LPM Sebagai Mitra Pemerintah Kota Denpasar’.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

“Prinsip kegiatan ini adalah berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat berlandaskan spirit Vasudhaiva Kutumbakam atau bergotong-royong,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk semakin meningkatkan kepedulian serta partisipasi masyarakat melalui integrasi sosial dalam mendukung pembangunan yang dirancang oleh Pemerintah Kota Denpasar.

“Meningkatkan implementasi dari spirit Vasudhaiva Kutumbakam (bergotong royong) yang merupakan warisan budaya adiluhung leluhur serta juga mengamalkan butir Pancasila Sila Ketiga yakni Persatuan Indonesia. Dalam kegiatan kali ini kami menggandeng seluruh lapisan masyarakat di Denpasar Selatan mulai dari PKK, Karang Taruna, Jumantik, Komponen Masyarakat Desa/Kelurahan serta siswa sekolah,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Akan Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Tahun Anggaran 2024 Bagi SDM Pariwisata

“Kami juga menerapkan filosofi Tri Hita Karana dalam kegiatan yang kami lakukan mulai dari kerja bakti di area Pura Dalem Sakenan, Penyerahan bantuan kursi roda yang telah kami lakukan sebelumnya pada tanggal 7 Mei lalu. Kemudian pemberian bantuan seperti Bingkisan kepada kaum Ibu dan Bayi, pemberian bantuan busana Pemangku kepada Pemangku Pura Dalem Sakenan dan juga sosialisai mengenai World Mosquito Program (WMP) yakni penggunaan bakteri Wolbachia untuk menghambat penularaan penyakit bawaan nyamuk. Semoga melalui kegiatan ini, peran serta masyarakat semakin signifikan dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar,” ujarnya lagi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News