HUT Bangli Ke-819
Mengusung Tema "Bangli Jengah", HUT Bangli Ke-819 Berlangsung Meriah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Apel Peringatan Hari Lahir ke-819 Kabupaten Bangli yang mengusung tema “Bangli Jengah” dilaksanakan di Alun-alun Bangli dipimpin oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, pada Rabu (10/5/2023). Apel diawali dengan parade pedel dari Gedung BMB Kantor Bupati Bangli menuju alun-alun Bangli

Apel diikuti oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Anggota DPRD Bali, I Nyoman Budiutama, perwakilan Bupati/Wali Kota se-Bali, Ketua DPRD beserta Anggota DPRD, Anggota Forkompimda Kabupaten Bangli, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Kabupaten Bangli, Ny. Suciati Diar, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bangli, Ny. Suardini Giri Putra, Ketua Gatriwara, Ny. Ayu Sukma Suastika, Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Bangli serta undangan lainnya.

Gubernur Bali dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan, dengan mengusung tema “Bangli Jengah” pada peringatan tahun ini, yang dalam Bahasa Sansekerta disebut Hrih yang berarti memiliki rasa malu.

“Jengah juga identik dengan suasana perasaan bercampur aduk antara malu dan semangat yang tinggi untuk menumbuhkan inovasi dan bangkit dari keterpurukan serta memiliki sifat-sifat dinamik yang menjadi pangkal segala perubahan,” paparnya.

Baca Juga :  Wabup Diar Buka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2024 di Kabupaten Bangli

Lebih jauh, ungkapan jengah merupakan spirit yang sangat kuat bagi orang Bali untuk terus bekerja keras, bangkit dari keterpurukan agar tidak menanggung malu. Spirit jengah sarat akan nilai-nilai yang mendalam bagi orang Bali yang dikenal sebagai pekerja keras pantang menyerah dan selalu memiliki inovasi bangkit dari keterpurukan.

Pihaknya mengajak seluruh stakeholder dan seluruh elemen masyarakat Bangli untuk bahu-membahu, bergotong-royong membangkitkan rasa jengah membangun Bangli yang merupakan bagian integral dari pembangunan Daerah Bali.

Sangat relevan dilakukan yang bersinergi dengan kebijakan pembangunan Provinsi Bali yang Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah dan Terintegrasi sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana yang mengandung makna Menjaga kesucian dan keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia sekala-niskala. Secara filosofis, Pola Pembangunan Semesta Berencana dilandasi oleh filosofi Tri Hita Karana yang selanjutnya dijabarkan dan dioperasionalkan dalam kearifan lokal Sad Kerthi, meliputi: atma kerthi, wana kerthi, danu kerthi, segara kerthi, jagat kerthi, dan jana kerthi. Filosofi dan kearifan lokal ini terus dipelihara, dikembangkan, dan dilestarikan secara berkelanjutan oleh masyarakat Bali.

Lanjutnya, bahwa tatanan kehidupan baru yang holistik menuju Bali Era Baru, akan segera terwujud apabila didukung oleh segenap komponen masyarakat, serta melalui koordinasi dan sinkronisasi program pembangunan antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Pemerintah Provinsi Bali serta bersinergi Bersama Mendukung Pembangunan Provinsi Bali, Sehingga adanya keharmonisan yang bersinergi, yaitu pembangunan yang terintegrasi dengan alam, manusia, dan budayanya.

Sementara itu, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam kesempatan tersebut mengatakan, kemeriahan rangkaian HUT Bangli akan dilaksanakan hingga tanggal 27 Mei 2023 yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba-lomba, pameran UMKM, food, parade budaya, pameran bonsai, serta pahelaran musik dari band lokal bali dan artis nasional.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

“Terbukti dari semangat para Yowana dari semua desa adat yang ada di seluruh Kabupaten Bangli, berbondong-bondong untuk mengikuti lomba penjor serangkaian HUT Bangli ke-819. Semoga semangat ini semakin bertumbuh demi terwujudnya visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Menuju Bangli Era Baru,” tegas Bupati Bangli.

Usai melaksanakan apel, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Kejaksaan Negeri Bangli tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, dan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Mahasaraswati Denpasar tentang Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Apel ditutup dengan penampilan parade semaphore pramuka oleh 4.000 orang siswa SD, SMP, SMA/ SMK se-Kabupaten Bangli, dan penampilan parade tari baris, yang mana baris merupakan icon dalam HUT ke-819 Kabupaten Bangli, serta parade tari nusantara.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News