Jok Mobil
Memastikan Perawatan Terbaik Jok Mobil. Sumber Foto : Cover Super

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Transportasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, mencakup kebutuhan untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Jumlah kendaraan di Indonesia mengalami perkembangan secara terus menerus, hingga akhir tahun 2022 tercatat jumlah mobil di Indonesia mencapai 17,2 juta, merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS).

Terdapat aspek yang kurang diperhatikan oleh para pengguna mobil, karena banyak dari masyarakat yang begitu memperhatikan bagian eksterior mobil yang terlihat dari luar, dengan perawatan yang begitu optimal.

Namun sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang abai tentang pentingnya menjaga interior mobil, khususnya bagian cover jok. Padahal ketika kondisi dalam mobil dirawat dengan benar, maka akan menunjang kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara.

“Sering sekali dilupakan oleh pemilik mobil yang menggunakan jok kulit maupun sintetis, menggunakan gel kondisioner sangat baik untuk mencegah kerusakan dini,” tutur Owner Emirate Car Interior by Cover Super Ahmad.

Unsur interior dan eksterior mobil adalah dua aspek yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian penuh, tidak bisa dikecualikan. Apapun jenis mobilmu, tentunya harus mendapatkan perawatan terbaik. Karena kebersihan jok yang tidak terawat atau dibiarkan begitu saja, akan mengakibatkan pada tingginya potensi kerusakan interior mobil.

Beragam asal mobil yang dipakai pengendara Indonesia, seperti ada yang dari Amerika, Jepang, China, Jerman, dan Korea. Namun tingkat penggunaan paling banyak, telah ditempati oleh mobil asal Jepang. Hal itu dikarenakan mobil dari negara Jepang memiliki harga miring dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Baca Juga :  Honda Umumkan Rencana Pembangunan Pabrik Kendaraan Listrik Terpadu di Kanada

Baik itu mobil dengan harga murah maupun mahal, keduanya sangat penting untuk dirawat secara berkala. Dengan mempertimbangkan kualitas dari setiap perlindungan interior yang digunakan, termasuk untuk keperluan kualitas jok mobil.

Terlebih jok mempunyai peranan penting untuk membuat pengendara maupun penumpang mobil merasakan aman dan nyaman, saat berada dalam perjalanan. Dengan demikian, bagi kamu yang mempunyai mobil, jangan lupa untuk memastikan penggunaan pelindung jok yang mempunyai kualitas terbaik.

Pelindung jok atau cover jok memiliki kelebihan dibandingkan dengan jok paten. Dikarenakan pemasangannya yang cukup mudah dan tetap bisa mempertahankan kulit bawaan mobil. Kemudian dari segi interior kendaraan juga jadi lebih elegan dan stylish.

Selain itu bagi yang sering membawa keluarga bepergian, pelindung jok sangat cocok sekali digunakan, karena bahannya yang tidak menyerap air. Oleh karena itu, apabila jok terkena tumpahan susu anak, maka akan mudah dibersihkan dalam jangka waktu yang cepat dan tidak akan merusak jok aslinya.

Langkah Perawatan Jok Mobil

Perawatan jok sangat penting dilakukan, baik yang berbahan dasar kulit asli maupun sintetis. Karena apabila tidak terawat dengan baik, karena akan mempengaruhi tampilan mobil yang tidak terlalu maksimal.  Terdapat berbagai langkah yang bisa diterapkan oleh para pengguna  jok mobil kulit untuk memberikan perawatan yang optimal, diantaranya:

  1. Bersihkan interior terlebih dahulu
Baca Juga :  Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

Langkah paling awal untuk merawat jok yaitu membersihkan terlebih dahulu intrior mobil secara menyeluruh, tanpa terlewat satu pun. Dengan menggunakan sikat berbulu lembut dan pengki, guna membersihkan seluruh interior maupun lipatan yang ada di jok mobil.

“Tapi harus berhati-hati pada jok kulit jangan sampai menggores kulit dengan sengaja. Menyapu jok mobil kulit akan menghilangkan debu dan kotoran di sela sempit, dan juga akan membersihkan kotoran yang menumpuk.” tutur Ahmad.

  1. Gunakan pembersih khusus jok mobil kulit

Kamu harus menggunakan pembersih khusus yang bisa digunakan untuk jok kulit dan tidak membahayakan apabila terkena kulit. Apabila menggunakan bahan kimia, jangan lupa perhatikan kualitasnya. Dikarenakan penggunaan bahan kimia yang keras akan berdampak buruk terhadap kondisi jok kulit. Bahkan bisa membuat warna jok jadi memudar.

“Untuk aplikasinya dapat menggunakan kain microfiber bersih yang dicampurkan dengan sedikit pembersih jok kulit dan gosok permukaan dengan lembut dengan hati hati,” lanjutnya.

  1. Gosok kulit jok dengan perlahan
Baca Juga :  Tips #Cari_Aman Berkendara di Jalur Tol Bali Mandara

Gunakan jok dengan sikat yang berbulu halus dan dan tidak kaku, contohnya dengan spons atau sikat gigi yang halus, disertai dengan cairan pembersih khusus jok kulit. Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan cairan pembersih ke seluruh permukaan jok lalu lap kembali menggunakan kain microfiber bersih untuk menghilangkan sisa pembersih dan kotoran jok.

  1. Perhatikan kondisi jok kulit mobil Anda

Apabila keadaan di dalam mobil sudah dipastikan bersih seluruh interiornya, maka langkah berikutnya adalah kamu perlu menggunakan gel kondisioner. Tujuannya untuk memastikan kulit jok tetap lembut dan terhindar dari kerusakan seperti pecah-pecah atau mengkerut.

  1. Bersihkan jok secara berkala

Tahapan terakhir yang perlu dilakukan menjaga interior mobil adalah merawatnya secara berkelanjutan. Bisa dilakukan dalam rentang waktu 3-6 bulan, tergantung seberapa sering kamu menggunakan mobil tersebut.

“Kunci untuk menjaga keawetan dari jok mobil kulit asli maupun sintetis adalah merawatnya secara rutin dan berkala. Jika jok mobil Anda dirawat dengan rutin, dapat dipastikan keawetannya dan interior mobil Anda akan selalu terlihat segar dan nyaman,” pungkasnya.

Ia juga menyarankan agar memilih pelindung jok kualitas terbaik dari Emirate Car interior, yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau, jaminan produk presisi, dan dikerjakan oleh ahlinya. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News