Raker Bunda Literasi
Sagung Antari Jaya Negara Buka Rapat Kerja Bunda Literasi Se-Kota Denpasar Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda Kerja Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir sekaligus membuka Rapat Kerja Bunda Literasi se-Kota Denpasar, pada Kamis (13/4/2023). Mengusung tema “Dengan Semangat Vasudhaiva Kutumbhakam, Mewujudkan Denpasar Kota Literasi,” kegiatan ini digelar untuk merumuskan program serta rencana kerja Bunda Literasi tahun 2023.

Hadir pula mendampingi pada kegiatan yang digelar di Hotel Swiss-Bell Batu Jimbar, Sanur tersebut, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan juga Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dalam arahannya mengatakan, rapat kerja ini merupakan momentum yang baik untuk menentukan arah dan juga program kerja untuk pembudayaan gemar membaca dan literasi Kota Denpasar.

“Peran dan pelibatan Bunda Literasi tidak hanya sebatas figur dan role model, namun juga sebagai penggerak literasi di masyarakat yang nantinya diharapkan akan berujung pada penambahan pengetahuan dan juga kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, saya mengharapkan sinergitas kita tetap terjalin dalam upaya mewujudkan Denpasar sebagai Kota Literasi ini,” tutur Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  KPU Umumkan Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Bali 2024

Literasi menurut Ny. Antari Jaya Negara, bukanlah suatu hal baru, melainkan kegiatan yang telah melekat di keseharian masyarakat. Untuk itu, dia meminta para Bunda Literasi yang berada pada tingkat Kecamatan hingga Desa/Kelurahan agar terus dapat berkomitmen menggiatkan program literasi, utamanya yang berbasis inklusi sosial, yakni upaya untuk meningkatkan pemahaman seseorang melaui literasi hingga dapat menciptakan produk bernilai ekonomis.

“Saya ucapkan terima kasih atas semangat dan ketulusan Bunda Literasi dan juga penggiat literasi lainnya. Mudah-mudahan lewat rapat kerja ini, akan banyak lahir program-program yang dapat direalisasikan, berbasis infklusi sosial, dan terutama yang bisa membawa banyak manfaat bagi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  PKK Kota Denpasar Gandeng Fakultas Kedokteran Gigi Mahasaraswati Denpasar, Aktifkan Meja Penyuluhan, Pemeriksaan Gigi dan Mulut di Tiap Posyandu

Sementara itu, Ketua Panitia Rapat Kerja Bunda Literasi se-Kota Denpasar Tahun 2023, yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana dalam laporannya menjelaskan, selain penyusunan program kerja, kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian materi bagi para Bunda Literasi, mengenai bagaimana cerdas dan bijak bermedia sosial.

“Rapat kerja ini dihadiri oleh seluruh Bunda Literasi Kecamatan dan juga Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar. Hari ini akan dirumuskan program kerja yang akan dilakukan nantinya oleh para Bunda Literasi,” kata Dewa Nyoman Sudarsana.

Baca Juga :  Serahkan Antribut Kepada "Gen Dental" di Ajang DEF, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Berbagai Sekolah

Pada kesempatan itu, turut pula diserahkan sertifikat akreditasi pada perpustakaan sekolah-sekolah yang diserahkan langsung oleh Ny. Antari Jaya Negara kepada perwakilan pihak sekolah penerima.

Selain itu, dalam acara yang sama, diserahkan juga karya literasi dari anak-anak Kota Denpasar yang telah dibukukan oleh pihak Mari Nyalakan Masa Depan Indonesia atau dikenal dengan Nyalanesia. Buku-buku tersebut, diserahkan langsung oleh perwakilan Nyalanesia, Jeremima dan diterima oleh Ny. Antari Jaya Negara.

Nyalanesia sendiri merupakan sebuah perusahaan pengembang program literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi siswa dan guru agar dapat menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News