ikan paus terdampar
Bangkai Ikan Paus Terdampar di Pantai Batu Lumbang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Warga menemukan bangkai seekor ikan paus yang terdampar di Pantai Batu Lumbang, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Sabtu (1/4/2023). Bangkai ikan paus tersebut, kemudian dikubur dengan menggunakan bantuan alat berat ekskavator, Minggu (2/4/2023).

Belum ada yang memastikan penyebab bangkai ikan paus itu terdampar di Pantai Batu Lumbang. Ada beberapa warga yang menyebutkan bahwa ikan raksasa tersebut terdampar karena cuaca atau badai yang terjadi di perairan Laut Jawa.

“Ikan paus yang ditemukan mati terdampar itu berukuran panjang sekitar lima meter. Mungkin jenisnya ikan paus biru,” ujar warga di sekitar pantai tersebut.

Sementara koordinator dari BPBD Tabanan, I Made Wikanta Yasa dan Kasi Trantib Kecamatan Selemadeg, Ni Luh Putu Mariyastuti, serta bersama beberapa warga setempat, terlibat dalam rapat koordinasi, dalam upaya proses penguburan bangkai ikan paus tersebut.

Baca Juga :  Rai Wahyuni Sanjaya Dampingi Kunjungan Pj. Ketua Dekranasda Provinsi Bali Sambangi IKM di Kecamatan Kediri

“Mengingat ukuran bangkai ikan paus yang cukup besar, dan untuk efisiensi waktu, maka kami bersama warga sepakat untuk mendatangkan alat berat ekskavator untuk memudahkan penggalian dan penguburan. Bangkai ikan paus yang sempat nyangkut di antara batu karang di bibir pantai tersebut akhirnya dikuburkan di sekitar pantai itu,” ujar Wikanta Yasa.(ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News