Meraih Penghargaan
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menerima penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak Tahun 2022 yang diserahkan langsung Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga disaksikan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana serta Forkopimda Kota Denpasar serangkaian Malam Apresiasi HUT Kota Denpasar ke-235 di Dharma Negara Alaya Denpasar, Senin (27/2/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kota Denpasar kembali sukses mendulang penghargaan tingkat nasional. Dimana, ibu kota Provinsi Bali ini sukses meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak Tahun 2022. Penghargaan ini menjadi kado spesial HUT ke-235 Kota Denpasar, hal ini lantaran diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Pupayoga kepada Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara serangkaian Malam Apresiasi HUT ke-235 Kota Denpasar di Dharma Negara Alaya Denpasar, Senin (27/2/2023).

Dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga menyampaikan, apresiasi atas capaian kinerja Pemerintah Kota Denpasar. Hal ini utamanya komitmen Pemkot Denpasar dalam perlindungan, pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Dukung Penyelenggaraan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Asia U-17 di Bali

Lebih lanjut dijelaskan, indikator penghargaan Daerah Ramah Perempuam dan Layak Anak yakni Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Gender, Indeks Pemberdayaan Gender, Indeks Perlindungan Anak, evaluasi APE dan Capaian KLA.

“Tentu penghargaan ini tidak hanya menjadi seremonial semata, melainkan dapat mengimplementasikan berkaitan dengan pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan perlindungan perempuan dan anak,” ujarnya.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dalam merancang program dan inovasi dalam mendukung sinergi untuk mewujudkan perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju,” imbuh Bintang Puspayoga.

Sementara, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih Pemkot Denpasar. Hal ini merupakan kesuksesan bersama seluruh jajaran Pemkot Denpasar dari tingkat OPD hingga desa/kelurahan termasuk juga kaling dan kepala dusun.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Bali Optimis Dengan Semangat “Ngrombo” Kemiskinan Ekstrem di Bali Tuntas

Lebih lanjut dikatakan, keberhasilan Kota Denpasar meraih penghargaan DRPLA dari Kementrian PPPA tidak terlepas dari Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Denpasar Tahun 2022 ini mencapai 84,37. Disamping itu pula berkaitan dengan Capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) Tahun 2021 mencapai 96,88, Capaian Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) tahun 2021 Kota Denpasar mencapai 67,02, Capaian Indeks Perlindungan Anak (IPA) tahun 2021 yakni 70,16, Capaian PPPA daerah berdasarkan evaluasi APE tahun 2021 Denpasar berada di katagori utama, dan Capaian  KLA tahun 2021 yakni Utama yang telah diraih Kota Denpasar.

“Denpasar telah mampu memenuhi kriteria indeks yang ditetapkan Kementerian PPPA dan pada tahun ini di berikan penghargaan bersama dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Dijelaskan pula, tak hanya DRPLA, sebelumnya Kota Denpasar juga meraih penghargaan Kota Layak Anak dan kembali meraih predikat Utama, serta meraih penghargaan  Pengarusutamaan Gender dengan kategori Utama.

“Tentunya kami sangat bersyukur meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak serta berharap dari penghargaan ini dapat menjadi cambuk semangat meningkatkan program kedepan serta strategi mendukung perlindungan perempuan dan anak, sesuai dengan tagline perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News