fib unud
FIB Unud Selenggarakan Closing Ceremony University of South Australia’s Study Tour Program "Indonesian Language and Culture". Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menyelenggarakan closing ceremony University of South Australia’s Study Tour Program ‘Indonesian Language and Culture’ pada Jumat (27/1/2023).

Acara yang bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Mandala, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana tersebut merupakan penutup dari serangkaian kerjasama konsorsium pertama antara Universitas Indonesia, University of South Australia, dan Universitas Udayana.

Adapun yang hadir pada acara tersebut, yaitu Wakil Dekan I Bidang Akademik, I Nyoman Aryawibawa, S.S., M.A., Ph.D., Koprodi Sastra Inggris FIB Unud, Prof. Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum., dosen Universitas Indonesia, Eva Latifah, S.S., Ph.D., dosen University of South Australia, dan tamu undangan lainnya.

University of South Australia’s Study Tour Program ‘Indonesian Language and Culture’ adalah program kerja sama antara Universitas Indonesia, University of South Australia, dan Universitas Udayana yang berlangsung selama tiga minggu dari tanggal 9—27 Januari 2023 dengan total peserta sebanyak 16 orang yang terdiri dari 14 mahasiswa dan 2 dosen. Rangkaian kegiatan dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu selama dua minggu kegiatan difokuskan di Roof Garden III Plagoo Hotel Bali dengan agenda belajar menari Bali, tradisi dan pakaian adat di Bali, kuliner Indonesia, sharing and discussion, serta trip ke Kuta dan Ubud.

Baca Juga :  Dukung Program Deligi, TP PKK Kota Denpasar Jajaki Kerjasama dengan Unmas Denpasar

Pada minggu ketiga, pembelajaran dilakukan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana dengan agenda, yaitu tur kampus, menulis aksara bali, belajar gamelan bali, dan praktek mengajar berbasis bahasa dan budaya ke SDN 4 Tuban dan SMAN 9 Denpasar.

Dalam wawancara yang dilakukan dengan Koordinator Program Studi Sastra Inggris sekaligus penanggung jawab University of South Australia’s Study Tour Program ‘Indonesian Language and Culture’, Prof. Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum. mengatakan dengan terselenggaranya acara ini diharapkan mampu mengoptimalkan capaian keberhasilan indikator kinerja prodi sekaligus memenuhi standar IKU yang dimiliki. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa untuk mengajarkan budaya dan bahasa kepada mahasiswa University of South Australia (language based and culture based learning activity).

Baca Juga :  Libur Lebaran di Bali Nyaman Pakai Mobil Listrik, Ini Alasan Mereka

“Sebagian besar mahasiswa berasal dari program studi pendidikan dan kita juga mengajarkan mereka bagaimana cara mendesain sebuah rencana pembelajaran dan memberikan mereka kesempatan untuk mengaplikasikan rencana pembelajaran tersebut ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, kegiatan ini mampu memberikan kesan serta pengalaman baru bagi mahasiswa University of South Australia. Selain belajar mengenai pembelajaran dan pengajaran berbasis bahasa di Indonesia, mereka juga mendapat kesempatan untuk mempelajari budaya Bali, yang salah satunya ditampilkan dalam bentuk special performance memainkan alat musik gamelan Bali di acara penutupan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News