fib unud
Feni Aryati Raih Gelar Doktor Ilmu Linguistik ke-217 FIB Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana menyelenggarakan Promosi Doktor dengan Promovenda Kadek Feni Aryati pada Jumat (27/1/2023) secara hybrid di ruang Dr. Ir. Soekarno, Gedung Poerbatjaraka, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.

Ujian terbuka dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., serta didampingi oleh Promotor, Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A., Kopromotor I, Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D., dan Kopromotor II, Dr. Drs. Anak Agung Putra, M.Hum.

Dalam ujian terbuka, Kadek Feni Aryati berhasil mempertahankan disertasi dengan judul ‘Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Bidang Pelayanan Kantor Depan dengan Strategi Kesantunan Negatif’. Setelah melalui tahapan ujian terbuka, Kadek Feni Aryati dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan merupakan Doktor ke-184 di FIB Unud dan Doktor ke-217 di Program Studi Doktor Ilmu Linguistik.

Tim penguji terdiri atas Prof. Dr. Ketut Artawa, M.A., Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., Prof. Dr. I Nyoman Sedeng, M.Hum., Prof. Dr. Dra. Ni Luh Ketut Mas Indrawati, M.A., Prof. Dr. Ni Luh Putu Artini, M.A., Ph.D.

Baca Juga :  Kolaborasi Srikandi PLN–YBM PLN, Aktif Dukung Peningkatan Kapasitas UMKM di Bali

Dalam disertasinya Kadek Feni Aryati meneliti tentang keterampilan berbicara bahasa Inggris di bidang pelayanan kantor depan dengan strategi kesantunan negatif. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan pada gabungan teori inverted model dan teori systemic approach. Adapun penelitian yang dihasilkan, yaitu ‘DISCOVER’ yang terdiri dari diagnose learning needs (mendiagnosis kebutuhan pembelajaran), identify learning aims (mengidentifikasi tujuan pembelajaran), seek learning context (mencari isi materi), choose learning experience (memilih pengalaman pembelajaran, organize learning content (mengatur isi pembelajaran), verify the use of negative politeness strategy (memastikan penggunaan strategi kesantunan negatif), evaluate students’ understanding by giving assignment (mengevaluasi pemahaman mahasiswa dengan memberikan tugas), serta revise learning material (merevisi materi ajar).

Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A., selaku promotor menyampaikan terima kasihnya kepada tim promotor dan penyanggah yang sudah banyak memberikan masukan sehingga keterbacaan dari disertasinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga :  Dharmopadesa Pusat Nusantara Kota Denpasar Gelar Dharma Santhi Nyepi Isaka Warsa 1946

“Kadek Feni Aryati sudah sangat bersungguh-sungguh dan giat dalam mengerjakan desertasinya dan harapannya nanti mampu menempatkan diri seperti layaknya padi yang semakin berisi semakin merunduk, jangan menempatkan diri anda terlalu tinggi, nanti jika jatuh sakitnya luar biasa,” ungkapnya.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News