Bank Sampah Bersih Lestari
Bank Sampah Bersih Lestari Tetap Eksis Layani Penimbangan Sampah Bagi Warga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bank Sampah Bersih Lestari milik Desa Dangin Puri Klod terus menunjukan eksistensinya. Sabtu (25/2/2023) pagi, tampak para petugas bank sampah tersebut sibuk melayani para warga yang berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk melakukan penimbangan sampah.

Bertempat di pelataran Bumdes Sadana Amertha, Jalan Cok Agung Tresna, penimbangan sampah ini dipantau langsung oleh Perbekel Dangin Puri Klod, Made Sada.

Seraya melakukan pantauan, Made Sada mengatakan, para warga yang datang hari ini banyak yang membawa sampah anorganik, seperti kardus, botol mineral, jerigen plastik dan jenis lainnya.

“Dengan adanya bank sampah ini, kami sekaligus mengarahkan warga agar terus menjaga kebersihan dan mengelola sampah baik di lingkungan rumah tangga ataupun desa dengan baik,” urainya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Rakor Nasional Pengukuran Indeks Pengelolaan BMD Pemerintah Daerah tahun 2024 

Adapun dalam pengelolaannya, warga diedukasi untuk memilah mulai dari sampah organik hingga anorganik. Made Sada menyebut, hasil dari pemilahan sampah ini akan dimanfaatkan sebagai tabungan bagi warga.

“Hasil dari tabungan ini, sudah ada warga kami yang berhasil memanfaatkannya untuk keperluan upacara agama dan keperluan lainnya. Tentu harapan kami bank sampah ini tetap dapat berjalan dengan inovasinya,” lanjutnya.

Salah seorang warga setempat, Ibu Wagiman mengaku, dirinya begitu antusias mengumpulkan sampah anorganik untuk dibawa ke Bank Sampah Bersih Lestari ini.

“Uang yang terkumpul nanti rencananya akan saya pakai untuk tabungan Hari Raya Lebaran. Jadi sedikit demi sedikit saya kumpulkan. Ini juga salah satu dukungan saya sebagai warga agar lingkungan tetap bersih,” paparnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News