New Hope
Suasana Pameran Seni Rupa “New Hope” oleh Art Xchange Gallery di Galnas Jakarta. Sumber : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – 26 Perupa terpilih dengan 80 karya terbaiknya, unjuk kebolehan pada pameran seni rupa bertajuk “New Hope” yang digelar oleh Art Xchange Gallery (AXG) bertempat di Hall A, Galeri Nasional, Jakarta, yang berlangsung pada Jumat (3/2/2023) sampai Sabtu (4/2/2023) mendatang.

Benny Oentoro selaku pendiri AXG saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp (WA), Jumat (3/2/2023) malam menuturkan, perupa yang berpameran kali ini adalah Ana, Andi Prayitno, Ang Che Che, Anis Kurniasih, Antoe Budiono, Budi Asih, Burhanudin Reihan Afnan, Cadio Tarompo, Camelia Mitasari Hasibuan, Chairol Imam, Citra Pratiwi, Dedi Imawan, Dona Prawita Arissuta, Endang Lestari, Friski Jayantoro, Hendra Purnama, I Made Santika Putra, I Putu Adi, Jemana Bayubrata Murti, Ni Nyoman Sani, Suwandi Waeng, Wisnu Ajitama, Lim Tong Xin (Malaysia), Marisa R Ng (Malaysia), Gapanovich (Rusia), dan Nadya Korotaeva (Rusia).

Baca Juga :  AHM Luncurkan All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

“Pameran ini merefleksikan harapan akan datangnya hari baru yang cerah menggantikan masa kelam dan sulit di tengah pandemi, peperangan, dan berbagai krisis lain yang melanda dunia beberapa tahun terakhir. Keikutsertaan perupa internasional secara simbolis mewakili pesan universal tentang harapan akan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh manusia di dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, karya-karya yang dipamerkan menampilkan beragam subjek, gaya, bahan, konsep, dan pendekatan artistik. Ada lukisan, gambar, patung, instalasi, dan sebagainya. Karya konvensional bersanding dengan karya yang melibatkan teknologi tinggi. Sebagian karya mengangkat masalah personal, sebagian lainnya membidik persoalan sosial atau global.

Baca Juga :  Special Price Tiket ARRC & MotoGP 2024 Bagi Masyarakat NTB

Menurutnya, sebagai bagian dari rangkaian acara pameran, program diskusi seni rupa juga akan diselenggarakan pada Sabtu 4 Februari 2023, dengan menghadirkan tokoh-tokoh seni rupa nasional sebagai pembicara, yang akan membahas tentang harapan akan masa depan seni rupa Indonesia di tangan perupa generasi baru.

“Acara pembukaan pameran dimeriahkan dengan performance art oleh Nadya Korotaeva, perupa Rusia, diiringi musik oleh Julian. Pameran berlangsung hingga 23 Februari 2023 besok,” lanjutnya.

Untuk dapat diketahui, AXG sendiri sering ikut dalam berbagai pameran seni rupa besar untuk mempromosikan perupa Indonesia di kancah internasional. Galeri ini pernah tampil di art fair terkemuka seperti Art Stage Singapore, Art Expo Malaysia Plus, Art Jakarta, Art Busan, Art Taipei, Asia Contemporary Art Show Hong Kong, dan Artexpo New York. Sejak tahun 2022, AXG beroperasi di Denpasar, Bali. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News