bkd unud
Universitas Udayana Sosialisasikan Penilaian Beban Kerja Dosen. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Sosialisasi Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) dalam rangka rekrutmen Calon Asesor Beban Kerja Dosen di Universitas Udayana bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Unud Bukit Jimbaran.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26-27 Januari 2023 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja MP.,IPU.,serta dihadiri oleh para pimpinan Fakultas, Pascasarjana, Koordinator Program Studi serta Para Dosen.

Sosialisasi Penilaian Beban Kerja Dosen ini menghadirkan beberapa narasamber dari Kemendikbud Ristekdikti yakni Iwan Winardi (Koordinator Karier Pendidikan dan Tenaga Kependidikan), Prof. Eko Hadi Sujiono (Tim BKD Pusat), Mahendra Pratama (Tim Sister BKD), Santi Sayanti Agustina (Subkoordinator Karier Pendidikan wilayah II) dan Puput Puspita Rakhman (Staf Subkoordinator Karier Pendidik Wilayah II).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Rai Maya Temaja dalam sambutannya menyampaikan, Unud sekarang ini hanya mempunyai 52 Asesor BKD untuk 1.405 dosen itupun yang aktif hanya 50 orang. Oleh sebab itu Unud masih memerlukan lumayan banyak asesor BKD.

Baca Juga :  Naluriku Menari Siap Digelar di Kota Denpasar, Jadi Ruang Kreativitas untuk Asah Skill Generasi Muda di Bidang Seni Tari

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi bagi Calon Asesor Sertifikasi Dosen di dalam memberikan penilaian beban kerja dosen dan dalam rangka penambahan jumlah Asesor Sertifikasi Dosen di Universitas Udayana,” ujar Prof. Rai.

Sebelumnya Pelaporan BKD di Unud masih secara manual, oleh Direktorat Jendral Sumber Daya sekarang dibuat menjadi online oleh Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). SISTER BKD ini menyediakan informasi portofolio dosen secara keseluruhan dan juga bagaimana proses dosen dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga setiap dosen wajib melaporkan BKDnya secara rutin melalui aplikasi tersebut secara online.

Baca Juga :  The Cakra Hotel Gelar Wedding Showcase ‘Elegance Romantic’, Tawarkan Konsep Pernikahan Impian

Data di SISTER tersebut nantinya akan di validasi baik dari kementerian perguruan tinggi guna menghindari kesalahan pada saat mengisi data dan menyusun fortopolio. Wakil Rektor melalui kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada narasumber yang akan memberikan bimbingan kepada Calon Asesor Universitas Udayana dan berharap semua Calon Asesor dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News