PDDikti unud
Unud Laksanakan Evaluasi dan Asistensi Pelaporan PDDikti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka meningkatkan performa pelaporan aktivitas kegiatan mahasiswa pada PDDikti guna mendukung layanan SISTER BKD Semester Ganjil 2022/2023, Universitas Udayana (Unud) melaksanakan kegiatan evaluasi dan asistensi pelaporan PDDikti bertempat di Aula Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (26/1/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Koorprodi bersama Operator SIMAK dan Tim Kurikulum dengan narasumber Tim USDI dan Tim Akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. I Gede Rai Maya Temaja mengatakan bahwa kegiatan ini untuk bersama-sama mencari solusi dari hambatan-hambatan yang dialami operator terkait SISTER BKD. Banyak timbul pertanyaan terkait permasalahan PDDikti dan SISTER BKD, dan melalui kegiatan ini kita mencari solusinya.

“Hal ini untuk memfasilitasi kinerja Dosen karena kita mesti mengisi SISTER BKD karena semua kinerja harus terecord disana mulai dari porto folio hingga pemutakhiran data. Berbagai proses yang berhubungan dengan pengembangan karir Dosen semuanya ada di SISTER BKD ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Rio Firdaus, dari Kekurangan Uang Rp50 Juta hingga Menang Undian Mobil

SISTER BKD juga akan membantu Dosen memenuhi syarat mengikuti Serdos maupun kenaikan jabatan yang menjadi grand desain dari Kementerian. Aplikasi SISTER ini dirancang secara terintegrasi atau terhubung langsung dengan Pangkalan Data Dikti (PDDikti).

Ini gunanya membantu Dosen menyederhanakan tugasnya, yang sebelumnya secara manual kemudian di PDDikti dan SISTER yang kini menjadi SISTER BKD yang mensinkronisasi hal tersebut. Permasalahan-permasalahan yang terjadi terkait hal tersebut kita bahas melalui kegiatan ini.

Ada tiga unit yang akan terlibat dalam hal ini yakni Akademik, SDM dan USDI. Kita akan gali mulai dari operator SIMAK Prodi karena tahapan krusial ada disana, mengingat tidak semua operator paham dengan kinerja para Dosen sehingga harus didampingi oleh para Koorprodi untuk validasi.

Disinilah kita duduk bersama untuk mendengar keluhan-keluhan yang ada, dimana waktu kita tinggal sedikit untuk memaksimalkan data terekam dan memunculkan di SISTER BKD. Kita juga akan merekrut asesor BKD yang akan memvalidasi data-data ini karena kita masih kekurangan asesor BKD.

“Kami berharap kendala-kendala yang ada bisa terurai dan diselesaikan sehingga data lebih bersih dan lebih bagus terecord, kemudian setelah di PDDikti dapat disinkronisasi di SISTER BKD. Peserta agar menyimak penjelasan yang diberikan dan berdiskusi semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Pengukuhan Bendesa Adat Sanur Periode 2024-2029

Dalam materi yang disampaikan narasumber terdapat dua hal penting yang harus dilakukan yakni untuk Dosen agar mengecek riwayat mengajar di portal PDDikti dan operator SIMAK agar melakukan pengecekan dan pemutakhiran data AKM di SIMAK dan feeder yang selanjutkan akan disinkronisasi oleh admin perguruan tinggi. Materi dan diskusi yang dilakukan juga dapat disaksikan kembali pada youtube Udayana TV. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News