fk unud
Dharma Wanita Persatuan Sub Unit FK Unud Gelar Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka hari Ibu ke-94, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sub Unit Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan deteksi dini kanker payudara dan serviks pada Rabu (21/12/2022) di Gedung Cakra Vidhya Usadha, FK Unud Sudirman.

Puluhan peserta dari ibu-ibu DWP sub unit FK Unud mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua DWP Unud ini juga terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melalui Mobil Layanan Kesehatan Perempuan Mangupura Women Service (Mawas).

Ketua DWP Unud Ny. Dayu Bulan Antara mengapresiasi kegiatan tersebut karena selama dua periode kepengurusannya yaitu sejak 2017, kegiatan tersebut merupakan pertama kalinya yang dilakukan DWP sub unit FK Unud. Apalagi kegiatan arisan yang dirangkaikan dengan kegiatan bermanfaat tersebut memang dibutuhkan kaum perempuan saat ini.

Deteksi dini kanker payudara dan serviks merupakan hal penting karena kedua penyakit tersebut merupakan momok bagi kaum perempuan. Deteksi dini sangat diperlukan agar bisa segera diobati sehingga peluang sembuh semakin besar. Perhatian DWP Unud terhadap aspek kesehatan kaum perempuan terutama anggota DWP Unud tidak hanya dalam hal sebagai pendampingan bapak-bapak pimpinan di lingkungan Unud tapi juga memperhatikan aspek kesehatan.

Baca Juga :  Seminar Peran Epidemiologi Berbasis Air Limbah (WBE) dalam Pengendalian Penyakit

Ny. Dayu Bulan pun menganjurkan agar anggota rutin melakukan pap smear, vaksin kanker serviks, menghindari rokok, mengonsumsi makanan gizi seimbang dan berolahraga untuk mencapai berat badan ideal. Semua dilakukan agar dapat mendampingi bapak – bapak pimpinan di lingkungan Unud baik pada acara formal maupun informal dalam keadaan sehat. Ia berharap agar kegiatan tersebut bisa menjadi kegiatan rutin DWP Sub unit FK Unud dengan catatan tidak berbenturan dengan kegiatan DWP Unud.

Ketua DWP Sub Unit FK Unud dr. Desak Wihandani Putra Pinatih mengatakan, kanker masih menjadi masalah utama dan kanker payudara merupakan kasus tertinggi penyebab kematian perempuan. Untuk meningkatkan kesadaran kaum perempuan agar lebih waspada maka kegiatan deteksi dini dilakukan.

Baca Juga :  Start Up Tokoikan.id FKP Unud Melaju ke Jakarta

“Karena kasus kanker yang datang ke rumah sakit lebih banyak dalam kondisi stadium lanjut,” ujarnya.

Kanker payudara dan serviks tidak hanya mematikan tapi juga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Selain deteksi dini kanker serviks dan payudara, DWP Sub Unit FK Unud juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol dan gula darah. Upaya tersebut juga salah satu upaya deteksi dini menemukan penyakit lain. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini