FEB Unud
Pengabdian PPK Ormawa DPM FEB Unud di Desa Selat Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COMSetiap wilayah di Indonesia pasti memiliki potensi daerahnya masing–masing, potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah, jika dikelola dengan baik tentu saja akan memberikan dampak yang positif kepada wilayah tersebut.

Provinsi Bali yang terdiri dari 9 kabupaten/kota tentu saja memiliki berbagai potensi di setiap wilayahnya. Selain pariwisata sebagai potensi yang diunggulkan oleh Provinsi Bali dalam perekonomian, sektor perkebunan di Bali juga tidak kalah pentingnya dalam menopang jantung perekonomian masyarakat di Bali. Salah satu sektor perkebunan yang dapat diunggulkan adalah buah salak. Penghasil buah salak terbesar di Bali adalah Kabupaten Karangasem, kabupaten paling timur di Provinsi Bali.

Melimpahnya buah salak di Kabupaten Karangasem, tidak serta merta menjadikan petani salak sejahtera. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan petani salak dalam berinovasi untuk pengembangan produk olahan salak serta pengetahuan pemasaran secara digital yang masih kurang. Fenomena seperti ini juga ditemukan di desa selat, sebuah desa yang berada dibawah kaki Gunung Agung.

DPM FEB Unud melalui program PPK Ormawa (Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) yang dibentuk oleh Kemendikbudristek, melakukan pengabdian untuk mengembangkan komoditas salak di Desa Selat. Selain itu program ini juga dilaksanakan dengan harapan mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat dalam bentuk pengabdian ke berbagai desa di Indonesia.

Baca Juga :  Studi Banding Pelayanan Bidang Akademik dan Kerjasama, Unud Terima Kunjungan Universitas Palangka Raya

Tim PPK Ormawa DPM FEB Unud Tahun 2022, dalam pengabdiannya beranggotakan 16 orang yang diketuai oleh Putu Krisna Dharma Jaya serta I Gede Nandya Oktora P, S.E., MBA., sebagai dosen pendamping, hadir untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya petani salak di Desa Selat dengan membangkitkan kembali pengolahan produk wine salak yang sudah sempat dikembangkan oleh beberapa kader dan dibarengi dengan branding produk melalui digital marketing. Kegiatan ini dimulai dari bulan Agustus sampai dengan Desember tahun 2022.

Tim PPK Ormawa DPM FEB Unud, melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan sosialisasi di desa selat. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pelatihan pembuatan wine salak yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2022, dilanjutkan dengan pelatihan digital marketing pada 15 November 2022, dan yang terakhir sosialisasi mengenai KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan mengundang pihak BPD Bali Cabang Karangasem sebagai narasumber pada tanggal 19 Desember 2022. Pada pelatihan pembuatan wine salak dan digital marketing, juga dilakukan pendampingan setelah pelatihan yang dikerjakan langsung oleh Tim PPK Ormawa DPM FEB Unud selama 2 minggu setelah pelatihan dilaksanakan.

Baca Juga :  Kunjungan Lapangan Mata Kuliah Industri Kreatif Penunjang Pariwisata Prodi Teknologi Industri Pertanian FTP Unud di Sababay Winery

Bentuk pendampingan yang dilakukan terkait pelatihan pembuatan wine salak yaitu mengadakan monitoring terhadap fermentasi wine salak, dengan memastikan fermentasi wine salak tidak terkontaminasi dengan udara luar serta mengukur kadar alkohol agar sesuai dengan kadar yang diharapkan. Kemudian bentuk pendampingan terkait pelatihan digital marketing yaitu dengan memastikan masyarakat mampu untuk menggunakan medsos seperti instagram dan facebook yang akan digunakan sebagai media promosi untuk penjualan produk nantinya.

FEB Unud
Pengabdian PPK Ormawa DPM FEB Unud di Desa Selat Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

Melalui seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai literasi untuk menembus pasar dan kemitraan dengan industri (offline market), literasi dan kemitraan melalui digital marketing, literasi dan kemitraan bidang keuangan (KUR BPD Bali) serta dapat menjadikan Desa Selat menuju desa wisata berbasis salak dengan standar global.(Putu Krisna Dharma Jaya, Ketua Pelaksana PPK Ormawa DPM FEB Unud)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini