fkp unud
Mahasiswa FKP Unud Menerima Anugrah Diktiristek 2022 kategori Mahasiswa dengan prestasi Internasional Terbaik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Mahasiswa FKP UNUD atas nama, I Wayan Gita Krishna Dananjaya, menerima Anugrah Diktiristek Tahun 2022 kategori IISMA sebagai Mahasiswa dengan prestasi Internasional Terbaik. Penghargaan ini diterima Gita setelah menyelesaikan program MBKM yakni Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA). Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Kamis (15/12/2022) bertempat di The Sultan Hotel Jakarta.

Anugerah Diktiristek merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Instansi Pendidikan Tinggi, Pemerintahan dan Swasta atas kontribusinya dalam pelaksanan program-program prioritas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan serta staf Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sekretariat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Rekan Rekan Media, serta perwakilan penerima Anugerah Diktiristek tahun 2022 yang berasal dari universitas serta instansi lain di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Bahas Permasalahan UMKM, LPPM Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Gianyar

Pada kesempatan ini pula, turut hadir Pimpinan Universitas Udayana yaitu Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T.,Ph.D.,IPU, dan Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST. MT. M Eng. Acara dibuka dengan laporan dari Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. selaku Plt. Direktur Jenderal Diktiristek yang sekaligus membuka malam Penyerahan Anugerah Diktiristek Tahun 2022. Pada sambutannya, beliau menyampaikan keunggulan dari salah satu program unggulan Dirjen Diktiristek yaitu MBKM melalui survey yang diambil dari alumni program MBKM. Salah satunya adalah dengan mengikuti program MBKM (diantaranya Magang Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar dan Studi Proyek Independen Bersertifikat) dapat mempersingkat waktu tunggu mahasiswa lulusan sarjana atau diploma dalam mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga :  Seminar Nasional Pencegahan Kekerasan Perempuan Berbasis Budaya 

“Selain itu alumni dari program MBKM juga mengalami keuntungan lain yakni peningkatan signifikan pada penghasilan pertama lulusan sarjana atau diploma,” ungkap Prof. Nizam.

Pada kesempatan ini total 381 penghargaan diberikan kepada instansi pendidikan tinggi, industri serta para stakeholder yang turut berkontribusi dalam pelaksanaan program prioritas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Penghargaan tersebut dibagi kedalam 11 kategori, yakni Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo Tahun 2022, SPADA, Program Penjaminan Mutu, Abdidaya Ormawa Tahun 2022, Kampus Mengajar, PMM, IISMA, Wirausaha Merdeka, MSIB, Praktisi Mengajar serta HUMAS.

Baca Juga :  Rapim PPS, Menjalin Komunikasi Antar Unit untuk Capain Akreditasi yang Terbaik

Selain kategori IISMA, Universitas Udayana juga mendapatkan penghargaan Anugrah Humas Diktiristek yaitu kategori Gold Winner PTN-BLU Majalah, Silver Winner PTN-BLU Video Profil, Bronze Winner PTN-BLU Laman dan Gold Winner Insan Humas Diktiristek.

Gita merupakan mahasiswa prodi Ilmu Kelautan tahun 2020 yang melakukan pertukaran pelajar di University of Queensland, Australia. Selain mengikuti kegiatan akademik, ia juga aktif dalam usaha pengenalan budaya Indonesia dengan menampilkan tarian bali yakni pada Pesta Rakyat Indonesia yang diselenggarakan oleh PPIA Queensland, Bali Boming Memorial, Festuri Multicultural Festival dan Moreton Bay Multicultural Festival. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini