CSR
Site Visit Penilaian BUMN CSR Awards 2022, Bukti Pelaksanaan CSR Berkelanjutan DPPU Ngurah Rai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus DPPU Ngurah Rai kembali berkontribusi dalam ajang penghargaan BUMN CSR Awards 2022, Rabu (9/11/2022). Bertempat di Kantor Pertamina Cabang Denpasar, Pertamina DPPU Ngurah Rai memaparkan beberapa kegiatan program CSR yang terlaksana dalam periode kurun waktu 2022 kepada tim site visit.

BUMN CSR Awards merupakan suatu ajang apresiasi bagi perusahaan BUMN yang berhasil mengimplementasikan kegiatan CSR secara baik dan menyeluruh yang juga merupakan salah satu penghargaan CSR bergengsi di tingkat Provinsi Bali dengan penilaian atas perusahaan yang memilik CSR yang inovatif. Adapun aspek yang diukur antara lain berdasarkan indikator sosial, lingkungan budaya, ekonomi, hukum yang diinisiasi oleh DPD Provinsi Bali. Penghargaan ini memberikan motivasi kepada perusahaan BUMN untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai program CSR yang dijalankan, sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasi di wilayah Provinsi Bali.

Baca Juga :  UGM Borong 9 Medali ON MIPA 2019

Pertamina DPPU Ngurah Rai sendiri berhasil mendapatkan ketegori Gold berturut turut sejak tahun 2018 sampai dengan 2020 dan kategori Platinum pada tahun 2021.  Melalui program Kawasan Ekonomi masyarakat (KEM) Bengkala, Pertamina DPPU Ngurah Rai memaparkan kegiatan pengembangan masyarakat yang telah dijalankan selama kurun waktu 5 tahun terakhir dengan pengembangan melalui inovasi Temu Setara, Sign Languange Academy, serta Adopsi Corporate Live Saving Rules (CSLR). Program ini berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat kolok melalui pengembangan inovasi marketplace online yang dapat memasarkan produk UMKM Disabilitas secara online dengan total varian 50 produk dan juga berhasil mewujudkan pendidikan inklusi bagi masyarakat kolok yakni dengan pelibatan kelompok tuli dalam pengembangan kelas edukasi bahasa isyarat bagi masyarakat umum. Sharing knowledge juga diberikan perusahaan kepada masyarakat kolok dengan memberikan pemahaman CSLR terkait dengan penambahan wawasan terkait aspek risk assessment dalam proses produksi dupa, prolog, serta tenun.  Disamping KEM Bengkala, terdapat juga beberapa program Tanggung Jawab Sosial dan Linkungan (TJSL) yang dipaparkan dalam ajang BUMN CSR Awards 2022 antara lain Eco-Edu Toursm Umapalak Lestari, Kedonganan Ngardi Resik, Green Beach kelan, Eco Green Kelan, serta PEKA IBA.

“Program-program CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus DPPU Ngurah Rai tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai kearifan lokal Bali yaitu catur gandewa nangun dewata yang meliputi palemahan, sadana, pawongan, dan kerta raharja. Aktualisasi pada program CSR di Desa Bengkala membantu masyarakat tuli dalam edukasi dan entrepreneurship,” tutur Karina, Ketua Panitia BUMN CSR Awards 2022.

Baca Juga :  Kisah Dea, Putri Tukang Parkir Mengejar Mimpi Kuliah di UGM

“Semoga keterlibatan kami dalam ajang penghargaan CSR ini dapat memacu semangat kami untuk menjalankan Program TJSL di periode selanjutnya. Kedepannya Pertamina DPPU Ngurah Rai secara berkelanjutan akan mengembangkan berbagai program CSR yang dapat mengoptimalkan potensi dari masyarakat. Hal ini dilakukan untuk membangun hubungan erat dengan masyarakat dan juga untuk mendukung peningkatan perekonomian dan potensi daerah serta sejalan dengan implementasi ESG (Environment, Social, and Governance) Pertamina,” ujar Dicky Abdul Hakim, Operational Head Pertamina DPPU Ngurah Rai.

Pjs. Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Cicilia Martanti menjelaskan Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Baca Juga :  Asyiknya Touring Konsumen Perempuan Bersama Honda PCX

“Melalui ajang BUMN CSR Awards, harapan kami dapat terus mengembangkan masyarakat yang berada di lokasi operasional Pertamina, dalam hal ini Pertamina DPPU Ngurah Rai dan juga tentunya memperkuat hubungan bersama pemerintah dan stakeholder terkait lainnya,” tutup Cicilia.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini