Project Fi$hku
Salah Satu Mahasiswi Universitas Udayana Ikut Tergabung dalam Project Fi$hku. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswi Program Studi Teknik Elektro Universitas Udayana yaitu Adisti Anjani Putri menjadi salah satu tim developer aplikasi e-commerce perikanan yang dapat mendeteksi kesegaran ikan yang bernama ‘Fi$hku’.

Adisti mengikuti program Bangkit Academy 2022 Kemendikbudristek. Bersama anggota tim lainnya yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, UIN Syarif Hidayatullah, dan Universitas Dian Nuswantoro.

Adisti dan tim mengembangkan aplikasi mobile pertama di Indonesia yang memiliki fitur lengkap untuk membantu memberdayakan perikanan Indonesia dengan deteksi kesegaran ikan.

“Proyek Fi$hku merupakan final capstone project yang diadakan Google Bangkit 2022,” jelas Adisti.

Baca Juga :  Upgrading KMPA 2022, Peduli dengan Isu HIV/AIDS

Proyek ini berhasil mengungguli 15 proyek terbaik setelah bersaing dengan 437 proyek yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Atas keberhasilan ini, Fi$hku berhasil mendapatkan pendanaan dari Google dan Kemendikbudristek untuk melanjutkan pengembangan aplikasi.

Fi$hku lahir dari kesadaran bahwa sektor perikanan memiliki potensi besar untuk unggul jika dikelola dengan baik dan kenyataan bahwa banyak nelayan yang hidup dibawah garis kemiskinan. Fi$hku dilengkapi dengan fitur mendeteksi kesegaran ikan berdasarkan mata, insang, dan daging dengan akurasi sebesar 98%.

Baca Juga :  Pemutakhiran Buku Pedoman Akademik Program Doktor

Fi$hku hadir untuk membantu nelayan/seller mengekspansi daerah penjualannya sekaligus memberikan kemudahan konsumen untuk belanja ikan segar. Fi$hku siap memberdayakan perikanan Indonesia seraya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Berikut adalah website untuk info dan fitur dari Fi$hku: https://fishku.id. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini