fkh unud
Calon Anggota Muda BEM FKH Unud Gelar Kuliah Umum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Calon anggota muda Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Angkatan 2022 mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan di Ruang Sidang Fakultas Kedokteran Hewan pada Minggu (20/11/2022).

Sasaran peserta dari Kuliah Umum yang diadakan oleh calon anggota muda Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Angkatan tahun 2020, 2021 dan 2022.

Calon anggota muda Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana pada Kuliah Umum Perdananya mengangkat tema “Raising Awarness and Prevent the Spread of Zoonosis” yang lebih dispesifikasi lagi dengan judul “Join Hands and Protect the World from Rabies”.

Pada dasarnya, tema ini diangkat agar informasi serta pengetahuan mengenai Zoonosis khususnya Rabies bisa disampaikan kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kerja di bidang kedokteran hewan, terlebih, di Indonesia khususnya Bali, kasus rabies masih marak tersebar. Acara ini dilaksanakan selama sehari dimulai dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 11.15 WITA dan dipandu oleh Rahma Seti Zuliyanda selaku Master of Ceremony dari kegiatan.

Baca Juga :  Hulu-Hilir Kolaborasi Tanpa Batas Bersama Petani Lokal Bali

Kuliah umum bertemakan zoonosis ini dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh sie menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Weni Fahdatul Ilhami sebagai dirigen.

Pada kuliah umum ini, panitia pelaksana mengundang satu pembicara yang profesional dan tentunya berpengalaman dalam menangani kasus rabies. Terlebih, pembicara merupakan bagian dari Tim Pakar Rabies Provinsi Bali. Beliau adalah Prof. Dr. drh. I Ketut Puja, M.Kes sebagai tenaga pendidik di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Direktur RSH Udayana, dan Tim Satgas PMK Provinsi Bali. Pada kegiatan ini, pembicara memberikan ilmu serta pengalaman yang bermanfaat bagi seluruh peserta.

Dalam pembawaan materinya, Prof. Dr. drh. I Ketut Puja, M.Kes didampingi oleh mahasiswi aktif Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Angkatan 2022, yaitu Rahmadini Hamdi Putri sebagai moderator yang memandu berjalannya penyampaian materi. Secara garis besar, pembicara menyampaikan bahwa: “Zoonosis adalah penyakit menular dari hewan ke manusia, adapun transmisi penularannya sendiri terbagi menjadi langsung dan tidak langsung.

“Contoh penyakit zoonosis yang penyebarannya secara langsung adalah flu burung, sedangkan contoh penyebaran penyakit zoonosis yang tidak langsung adalah rabies yakni dengan penyebaran melalui gigitan anjing dan sebagainya. Rabies sendiri termasuk penyakit zoonosis yang penyebarannya sangat banyak di Bali,” terang Prof. Puja.

Adapun peran mahasiswa kedokteran hewan sebagai calon dokter hewan dalam mencegah manajemen penyebaran penyakit zoonosis bisa dimulai dari hal sederhana seperti menjaga kebersihan lingkungan dan bisa mulai membuat adanya bank sampah.

Saat sesi diskusi dimulai, beberapa peserta mulai aktif mengajukan pertanyaan. Keantusiasan peserta untuk menyampaikan hal yang ingin mereka tahu menandakan bahwa peserta memperhatikan materi yang dibawakan oleh Prof. Dr. drh. I Ketut Puja, M.Kes dengan baik dan serius.

Setelah penyampaian materi dan sesi diskusi berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi kuis yang dipandu oleh 2 panitia yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi aktif Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Angkatan 2022, yaitu Andre Restu Trinada dan Gita Anggraeni.

Baca Juga :  FKP Unud Buka Pasar Ikan Digital Tokoikan.Id bagi UMKM Perikanan dan Kelautan

Sesi kuis kali ini menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang didapatkan 3 pemenang yaitu Claudya Shinta Bella sebagai juara pertama, Ni Kadek Dea Purnami sebagai juara kedua, dan Sang Ayu Putu Aura Setyaningsih sebagai juara ketiga. Udayana Angkatan 2022.

Setelah berakhirnya sesi kuis yang dipandu oleh Andre Restu Trinada dan Gita Anggraeni, maka sampailah kegiatan kuliah umum perdana calon anggota muda Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana pada penghujung acara. Kegiatan Kuliah Umum ‘Join Hands and Protect the World from Rabies’ diakhiri dengan pembagian link pengisian kuesioner kepada peserta kuliah umum sebagai bentuk penilaian kegiatan, dan penutup yang disampaikan oleh master of ceremony acara yang bertugas. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini