fkh unud
FKH Unud Hadirkan Cucu Ki Hajar Dewantara dan Pemimpin Umum Pers Akademika 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari puncak Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (PKMM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) diselenggarakan pada Minggu (23/10/2022). Kegiatan dimulai dengan pengumpulan mahasiswa baru (maba) sejak pukul 06.30 WITA.

Setelah pengumpulan maba, kegiatan dilanjutkan dengan penertiban dan orasi dari masing-masing kelompok. Dari penampilan orasi ini didapatkan juara kelompok orasi terbaik yang dimenangkan oleh gugus 2 PKMM 2022. Dalam orasinya kelompok 2 menyatakan bahwa pemimpin harus memiliki sifat bertanggung jawab agar dapat memimpin diri sendiri maupun orang lain.

Setelah melakukan orasi, pada pukul 09.05 WITA acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FKH Unud, yaitu drh. I Wayan Sudira, M.Si. Ia mengungkapkan bahwa para peserta harus mengikuti Kegiatan PKMM ini dengan sebaik mungkin agar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dari mengikuti kegiatan PKMM.

Kegiatan PKMM 2022 ini menghadirkan dua pembicara beda generasi yang dapat membuka pikiran kita akan sosok pemimpin dan bagaimana memanajemen diri sendiri.

Baca Juga :  “Pirolisis Fixed Bed” Hantarkan Rajendra Raih Gelar Doktor

Pembicara pertama merupakan dosen UIN Yogyakarta sekaligus cucuk dari Ki Hajar Dewantara, Ki Nanang Rekto Wulanjaya. Beliau mengungkapkan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dicintai dan menjadi pelayan bagi anak yang dipimpin. Hal ini pun menuai sorakan meriah dari para peserta PKMM 2022 yang berpendapat sama.

“Kunci kepemimpinan adalah dipercaya. Dengan selalu hadir dan memberikan motivasi akan membuat orang percaya pada pemimpinnya karena artinya sang pemimpin memikirkan yang dipimpin,” ungkap Wayan Bagus Perana Sanjaya saat menyampaikan pemaparan materi kedua siang itu.

Baca Juga :  Persiapan Liga Indeks Kinerja Utama , FKH Unud Gelar Rapat Pimpinan

Menurut Bagus Perana, hal terkait merupakan salah satu poin penting yang harus dapat diterapkan oleh sosok pemimpin. Ia pun membagikan buku karya Pers Akademika kepada peserta yang aktif bertanya dan menjawab saat sesi diskusi.

Usai dengan pemaparan dari dua pembicara utama PKMM 2022, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan juga kegiatan debat antar gugus. Kegiatan debat ini pun mengundang juri-juri debat yang memang ahli di bidangnya, salah satunya pembicara PKMM saat pembekalan tempo lalu.

Kegiatan pun ditutup dengan pengumuman juara debat dan best speaker dari Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia PKMM 2022. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini