fkh unud
Minat Profesi Vetholic FKH UNUD Menggelar Kuliah Umum dan Pembagian Telur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Sedunia, Minat Profesi Veterinary Holic sukses menyelenggarakan kuliah umum II serta pembagian telur di lingkungan kampus Udayana sudirman dengan tema kegiatan ‘Pentingnya Penjagaan Mutu Unggas Untuk Menghasilkan Sumber Pangan Yang Berkualitas’.

Kegiatan ini diawali dengan penyelenggaraan kuliah umum II pada tanggal 16 Oktober 2022 yang mengangkat tema “Mengenal Lebih Dalam Pengaruh dan Implementasi Pencegahan Penyakit Colibacilosis Pada Ayam dan Manajemen Ternak Pada Ayam” yang dilaksanakan secara online melalui cisco webex meeting serta offline di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung FKH Sudirman.

Kuliah umum dihadiri oleh 136 peserta dan mendatangkan dua pembicara. Perayaan ini bertujuan untuk menyampaikan pentingnya pengoptimalan kualitas ayam dan telur sebagai sumber pangan utama. Pembukaan dari mc, doa beserta sepatah dua patah kata dari ketua panitia, ketua minat profesi, ketua bem menjadi pembuka dalam kegiatan ini.

“Saya harap dengan adanya Kuliah Umum ini menambah wawasan peserta terhadap pentingnya penjagaan mutu dan peran dokter hewan di dalamnya,” ungkap Made Sandy Widhi Raharja selaku ketua panitia kegiatan.

Baca Juga :  Minat Profesi Satwa Akuatik Turtle Guard kembali Gelar Program Kerja Rutin Kuliah Umum

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya untuk memberikan edukasi terkait pentingnya kebutuhan nutrisi dari ayam dan telur,” ungkap I Wayan Gede Pasek Kardikayasa selaku ketua minat profesi Veterinary Holic.

“Hal ini dapat menambah kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan terhadap kesehatan reproduksi unggas serta manajemennya,” ungkap I Dewa Putu Bagus Mertha Anom selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FKH UNUD.

Pemaparan materi pertama dari drh. I Ketut Tono PG M.Kes yang merupakan Dosen senior di FKH Udayana mengenai Colibacilosis pada ayam dan implementasi pencegahannya dengan dipandu oleh moderator atas nama Nadila Agustina. Pemaparan sesi pertama berlangsung selama 50 menit dengan membahas pengertian secara umum, dampak, serta sharing pengalaman. Dengan tujuan sebagai dokter hewan mampu mengenal colibacilosis beserta pencegahannya di lapangan.

Pemaparan materi kedua dari drh. I Gede Made Sudarsa yang merupakan Manager Marketing Feed PT. Charoen Phokphand mengenai Manajemen ternak pada ayam dari sudut pandang dokter hewan dengan dipandu oleh moderator atas nama Rahmadini Hamdi Putri. Pemaparan sesi kedua berlangsung selama 50 menit dengan membahas wirausaha, peran dokter hewan, serta sanitasi kandang. Pada kegiatan kali ini drh. Sudarsa menyempatkan untuk datang secara offline menyapa panitia, sehingga diskusi menjadi lebih interaktif karena pembicara juga memberikan materi kepada panitia penyelenggara.

Baca Juga :  Minat Profesi Vetholic FKH Unud Hadirkan Business Development Manager Danisco Animal Nutrition sebagai Pembicara Kuliah Umum

Setelah melaksanakan kuliah umum II, minat profesi Vetholic melaksanakan pembagian telur pada 19 Oktober 2022 di area kampus unud sudirman. Kegiatan bagi telur menimbulkan berbagai reaksi dari mahasiswa, pegawai beserta dosen. Hal tersebut membuat panitia menyambut hangat semua antusias mereka, dengan harapan hari ayam telur tetap menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya.

Untuk memeriahkan perayaan ini agar berbeda dari tahun ke tahun, pembagian telur menggunakan tote bag sehingga membuat lebih praktis dan rapi.

“Saya sangat antusias sekali menunggu perayaan hari ayam telur ini, terlebih telur yang dibagikan kali ini cukup banyak dan dikemas secara rapi,” ungkap salah satu mahasiswa yang ditemui. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini