ftp unud
Prodi Teknologi Pangan Laksanakan Praktikum Lapangan Mata Kuliah Teknologi Kakao. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana telah melaksanakan Praktikum Lapangan Mata Kuliah Teknologi Kakao di PT. Cau Coklat Internasional pada Sabtu, (8/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program StudiTeknologi Pangan yang mengambil mata kuliah pilihan Teknologi Kakao. Kegiatan praktikum lapangan ini didampingi oleh Dosen Program Studi Teknologi Pangan yaitu Dr. Ni Nyoman Puspawati, S.TP., M.Si., I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP., dan Putu Julyantika Nica Dewi, S,TP., M.TP.

Baca Juga :  Mahasiswa S1 Ilmu Hukum FH UNUD Lolos Program IISMA 2022

Kegiatan Praktikum Lapangan Mahasiswa untuk Mata Kuliah Teknologi Kakao ini merupakan kegiatan sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Universitas Udayana dengan PT. Cau Coklat Internasional tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Praktikum Lapangan yang dilaksanakan diterima dan dilaksanakan langsung bersama Founder PT. Cau Coklat Internasional yaitu Bapak Dr. Ir. I Wayan Alit Artha Wiguna,, M.Si.

Pada pelaksanaannya dilaksanakan diskusi mengenai proses penanganan buah kakao dari hulu ke hilir yang meliputi proses pra-panen dan pasca-panen di PT. Cau Coklat Internasional, serta factory tour untuk melihat proses penanganan kakao dari hulu ke hilir hingga menjadi produk jadi dan dikemas di PT. Cau Coklat Internasional.

Salah satu perwakilan Dosen yaitu Dr. Ni Nyoman Puspawati, S.TP., M.Si. berharap mahasiswa yang mengikuti praktikum lapangan ini dapat lebih memahami terkait proses produksi produk-produk kakao serta dapat langsung melihat praktik dari proses pembuatan coklat dari hulu ke hilir.

Baca Juga :  Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke FIB, Sepakati Jalin Kerja Sama Kedua Lembaga Pendidikan Lintas Kementerian

“Serta dapat membandingkan apakah terdapat persamaan maupun perbedaan dari teori yang didapatkan di dalam kelas dengan praktik langsung dalam proses produksi coklat yang dilaksanakan,” pungkasnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini