Dandim
Kolase. (Atas) Peltu Dewa Agung Putra gagalkan upaya bunuh diri, (Bawah) Pemberian penghargaan dari Dandim Badung. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Aksi heroik seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Ayunan, Komando Rayon Militer (Koramil) 1611-05/Abiansemal, mengagalkan upaya bunuh diri seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial KMS (22), yang mencoba bunuh diri di Jembatan Ayunan, Desa Ayunan, Abiansemal, Jumat (21/10/2022) lalu, mendapatakan penghargaan oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1611/Badung, Kolonel Inf Dody Triyo Hadi pada Senin (24/10/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1611/Badung, Dody Triyo Hadi menyampaikan bahwa tugas pokok Babinsa tidak hanya mengawasi dan mengamankan wilayah teritorialnya saja, melainkan mampu menyatu dengan warga sehingga Babinsa lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga :  Peduli Siswa Pengungsi, SMPN 3 Denpasar Bantu Pakain Seragam Sekolah

Menurut Dandim Dody, hal tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 yang sudah ditetapkan sejak 8 April 2008, seorang Babinsa (Bintara Pembina Desa) memiliki kewajiban untuk melaksanakan seluruh pembinaan teritorial sesuai dengan petunjuk yang diberikan atasan, Rayon Militer.

Selanjutnya, Peltu Dewa Agung Putra Ardyasa menjelaskan, kejadian berawal usai dirinya melaksanakan pengerjaan Pompa Hidran Air Bersih di Desa Ayunan. Diperjalanan pulang melihat seorang ibu muda berdiri di atas jembatan Desa Ayunan yang diduga hendak meloncat untuk bunuh diri, dimana lokasi jembatan sekitar 1 Km dari rumah korban.

Baca Juga :  Pengusaha New Zeland Kunjungi Fakultas Biologi UGM

Melihat kondisi tersebut, Peltu Dewa Agung bergerak cepat menggagalkan aksi percobaan bunuh diri dengan menarik tangan korban sehingga upaya bunuh diri tidak sampai terjadi.

“Untuk motif percobaan bunuh diri ini diduga adanya permasalahan keluarga dan hadirnya orang ketiga yang ingin merusak rumah tangga ibu ini,” ujar Peltu Dewa Agung.

Sementara itu, Dandim 1611/Badung menyampaikan rasa bangga kepada anggotanya yang sudah berhasil menggagalkan upaya bunuh diri seorang ibu rumah tangga di Desa Ayunan.

“Ini membuktikan wujud ketulusan prajurit dalam bekerja mengabdikan diri dengan masyarakat, bangsa dan negara. Ikhlas dalam bekerja dan tidak mengharapkan balas jasa,” kata Dandim Triyo Hadi.

Baca Juga :  Alih Fungsi Lahan di Pulau Dewata

Dandim Dody Triyo Hadi juga menekankan bahwa setiap prajurit TNI yang ada diwilayah Kodim 1611/Badung bekerja dengan hati dan tulus ikhlas mengabdi untuk masyarakat bangsa dan negara.

“Yang terpenting adalah prajurit kita dalam bertindak mengatasi kesulitan masyarakat, implementasinya betul-betul dilakukan dengan tepat,” pungkas Dandim Dody Triyo Hadi.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini