Patra Jasa
Patra Jasa Gelar Program Pelestarian Kesenian Tradisional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Hampir setiap sudut kehidupan keseharian masyarakat Bali, mendapat sentuhan budaya Bali yang indah. Hal ini membuat Bali terkenal di seluruh dunia dengan budaya yang berlimpah.

Dalam upaya mendukung budaya lokal dan merujuk ke arahan yang dikeluarkan Gubernur Bali dan Surat Edaran Pemerintah Daerah Bali, bahwa seluruh masyarakat, instansi, lembaga maupun lini bisnis yang berada di Bali, diminta untuk selalu mengimplementasikan upaya-upaya yang melestarikan kearifan local.

Patra Jasa memutuskan untuk melaksanakan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan melakukan pelestarian kesenian tradisional Bali.

Pelaksanaan dari niatan tersebut, dilakukan dengan memberikan bantuan kepada 2 (dua) komunitas budaya, yaitu Sanggar Tari Lila Kumaris Art Production dan Sanggar Tari & Tabuh Sekar Tanjung, berupa peralatan pendukung seni tari & tabuh.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Tekankan Satpol PP Perlu Melakukan Pendekatan Humanis dalam Menegakkan Peraturan

Peralatan pendukung diberikan secara resmi pada Jumat (30/10/2022) di The Gianyar Room, The Patra Bali Resort & Villas oleh General Manager The Patra Bali,  Saleh Wibowo dan diterima langsung oleh  I Wayan Suatra Neagra dari Sanggar Tari Lila Kumaris, serta Bapak I Putu Arya Suryawan dari Sanggar Tari & Tabuh Sekar Tanjung.

“Selain keharusan menggunakan pakaian adat Bali di Hotel kami untuk seluruh karyawan khususnya setiap hari Kamis Purnama dan Tilem, bantuan TJSL yang kami dedikasikan untuk Sanggar Tari & Tabuh merupakan wujud kesadaran Patra Jasa dalam mendukung dan mengangkat kembali budaya serta kearifan lokal, mengingat cikal bakal pariwisata Bali sejatinya dimulai oleh ketertarikan tamu mancanegara terhadap budaya Bali itu sendiri,” ujar Saleh Wibowo di sela-sela acara tersebut.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

I Wayan Suatra dari Sanggar Tari Lila Kumaris mengucapkan terima kasih kepada Patra Jasa yang peduli terhadap pelestarian kesenian tradisional Bali.

“Sehingga melalui komunitas budaya, kami berusaha turut serta mengembangkan dan mewariskan budaya leluhur kami agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman,” ucapnya.

Sementara itu I Putu Arya Suryawan dari Sanggar Tari & Tabuh Sekar Tanjung menambahkan bahwasannya percaya, budaya Bali akan selalu memiliki tempat tersendiri di hati kami sebagai penduduk asli penerima warisan, maupun di hati orang-orang dari seluruh penjuru dunia, sehingga salah satu kearifan lokal ini harus dijaga sampai kapanpun.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

Di hari yang sama, The Patra Bali Resort & Villas melaksanakan kerja bakti di sepanjang Pantai Tuban yang berada tepat di belakang Hotel. Kegiatan ini dilakukan secara berkala sebagai wujud tanggungjawab Patra Jasa dalam menjaga lingkungan sekitar, dimana wilayah operasi berada. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News