Tekan Inflasi
Tekan Inflasi, Wali Kota Jaya Negara Tanam Cabai Bantuan BI di Subak Lungatad. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima bantuan bibit cabai dari Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, yang diserahkan Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali I Gusti Agung Diah Utari, Sabtu (17/9/2022) di Subak Lungatad, Desa Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara.

Setelah menerima bibit cabai dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai secara bersama-sama dengan Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Deputi Kepala BI Perwakilan Bali, Gusti Agung Diah Utari, Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Istri Wakil Wali Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Koordinator Pokja IV TP. PKK Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana, serta Kepala OPD terkait di Pemkot Denpasar. Disamping itu dalam kegiatan yang sama juga dilakukan panen ikan Lele Kelompok Tani Subak Lungatad, serta penebaran bibit Lele oleh Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Sampaikan Ranperda Perubahan APBD TA. 2022 dan APBD TA. 2023

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disela-sela kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali yang telah menyalurkan bantuan bibit cabai kepada TP. PKK Denpasar hingga empat komunitas petani dan masyarakat yang ada di Kota Denpasar.

“Tentu ini sebagai gerakan kita bersama dalam upaya menekan laju inflasi, setidaknya kegiatan ini dapat meringankan beban perekonomian dan juga mendukung gerakan ketahanan pangan di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya yang telah mendukung gerakan bersama, menanam bibit cabai yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini menurut Jaya Negara Kota Denpasar menerima 3000 bibit cabai yang langsung diserahkan kepada TP. PKK Denpasar dan empat komunitas. Yakni komunitas petani Subak Lungatad Berseri sebanyak 750 bibit cabai, Komunitas Ayung Berseri 750 bibit, Komunitas Teba Majelangu 750 bibit, dan Komunitas Subak Rarangan berjumlah 750 bibit.

“Jadi bantuan bibit cabai dari BI ini telah kami sebar langsung kapada TP PKK Denpasar hingga komunitas yang ada dan diharapkan gerakan ini dapat berjalan optimal dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam  menekan laju kenaikan inflasi,” ujarnya.

Baca Juga :  Semarakkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Wali Kota Jaya Negara Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Sementara Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, I Gusti Agung Diah Utari menyampaikan inflasi di Bali telah mengalami penurunan berkat sinergi Pemerintah Daerah dengan menggelar operasi pasar, pasar murah, bazar pangan dan monitoring harga barang secara intensif.

“Penyesuaian harga BBM akan memicu kenaikan harga barang lainnya, sehingga sinergi semua pihak sangat diperlukan sehingga dapat mengendalikan inflasi di Bali dan Denpasar khususnya,” ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa pemberian bantuan bibit cabai merupakan implementasi gerakan pengendalian inflasi yang dicanangkan Bank Indonesia beberapa waktu lalu di Kota Surabaya, serta gerakan ini berlanjut bekerjasama dengan stakeholder yang ada yakni Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya dengan gerakan 77.000 bibit pohon cabai yang diserahkan kepada seluruh kabupaten/kota di Bali. 27.000 bibit cabai telah diserahkan kepada Ketua TP. PKK Provinsi Bali yang selanjutnya diserahkan kepada TP. PKK kabupaten/kota di Bali.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Saksikan Penyerahan Penghargaan Kejar Award Kepada SD Negeri 3 Sesetan, Dalam Penanganan Sampah

“3000 bibit cabai telah diserahkan kepada Wali Kota Denpasar, serta kami berharap pada Bulan November dan Desember depan bisa melakukan panen dan bisa menanggulangi kenaikan harga cabai. Kami juga harapkan dengan tanam cabai masyarakat bisa memenuhi kebutuhan cabai dari pekarangan rumah,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini