Pura Bukit Darma Kutri
Pemkab Gianyar Haturkan Bhakti Penganyaran di Pura Bukit Darma Kutri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan Bhakti Penganyaran serangkaian Pujawali di Pura Kahyangan Jagat Bukit Darma Durga Kutri Buruan, Blahbatuh, Gianyar, Kamis (14/7/2022).

Bhakti penganyaran dipimpin Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun serta dihadiri pejabat terkait di lingkungan Pemkab Gianyar, anggota DPRD dapil Blahbatuh, camat Blahbatuh, Perbekel Buruan dan prajuru Desa Adat Kutri Buruan.

Dalam Bhakti Penganyaran yang dipuput Ida Pedanda Istri Gria Buruan ini menghaturkan upacara bebangkit. Seluruh rangkaian upacara penganyaran diakhiri dengan persembahyangan bersama dan Wabup Agung Mayun atas nama Pemkab Gianyar menghaturkan dana punia.

Wabup Agung Mayun mengatakan, upacara penganyaran ini merupakan wujud bhakti pada Ida Bhatara yang berstana di Pura Bukit Darma Durga Kutri di samping juga memohon keselamatan, serta kerahayuan jagat Bali.

Baca Juga :  Wujud Sradha Bhakti, Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar Di Pura Agung Besakih Warsa 2024

“Mogi jagat sami state ngemanggihin kerahayuan,” ucap Agung Mayun.

Bendesa Adat Kutri, I Wayan Jembong Arimbawan menyampaikan bahwa puncak piodalan telah berlangsung pada 13 Juli 2022 dan nyejer selama 5 hari dan penyineban pada 17 Juli 2022.

Berdasarkan prasasti di berbagai wilayah di Bali yang menunjuk keberadaan pura ini, Pura Bukit Dharma Durga Kutri diperkirakan sudah berdiri sejak 835 caka. Pada saat itu Bali diperintah oleh Raka Sri Kesari Warmadewa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News