Guru Besar
Universitas Udayana Kembali Kukuhkan Enam Guru Besar Tetap. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana (Unud) menggelar Pengukuhan Guru Besar Tetap bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Sabtu (28/5/2022). Terdapat enam Guru Besar yang dikukuhkan yakni dua orang dari Fakultas Kedokteran Hewan, dua orang dari Fakultas MIPA, satu orang dari Fakultas Ilmu Budaya dan satu orang dari Fakultas Kedokteran.

Keenam Guru Besar yang dikukuhkan yaitu (1) Prof. Dr. drh. I Made Dwinata, M.Kes. sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Parasitologi Veteriner pada Fakultas Kedokteran Hewan dengan judul Orasi Ilmiah: Dampak Infeksi Parasit Cacing Pada Ternak Terhadap Ketahanan Pangan Nasional; (2) Prof. Dr. Ir. I Putu Sampurna, M.S sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran Hewan dengan judul Orasi Ilmiah: Peran Infografis Untuk Mengambil Kesimpulan Hasil Analisis Data Penelitian Ilmu Kedokteran Hewan; (3) Prof. Dr. Dra. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sastra (dan Bahasa) Inggris pada Fakultas Ilmu Budaya dengan judul Orasi Ilmiah: Penerjemahan Lisan (INTERPRETING); (4) Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si sebagai Guru Besar bidang Kimia Organik Bahan Alam pada Fakultas MIPA dengan judul Orasi Ilmiah: Potensi Kulit Pisang (Musa sp.) Sebagai Agen Antibakteri Dan Kandungan Senyawa Aktifnya; (5) Prof. Dr. dr. Tjokorda Gde Agung Senapathi, Sp.AN.,KAR sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Anestesi dan Terapi Intensif pada Fakultas Kedokteran dengan judul Orasi Ilmiah: Aplikasi Teknologi Anestesia Regional Dan Integrasinya Ke Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi; dan (6) Prof. Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc.,Ph.D sebagai Guru Besar dalam bidang Bioteknologi pada Fakultas MIPA dengan judul Orasi Ilmiah: Teknologi Kultur Jaringan Untuk Peningkatan Produksi Dan Kualitas Tanaman Hortikultura.

Baca Juga :  Sambut 109 Tahun Hari Purbakala Nasional, Prodi Arkeologi FIB Unud Gelar Acara Purnabhakti Prof. I Wayan Ardika

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., dalam uraiannya menyampaikan dengan penambahan enam Guru Besar ini, kini Unud memiliki 179 orang Guru Besar dan presentase Guru Besar yang dimiliki adalah sebesar 13 persen dimana ini menandakan telah melampaui target dari Kementerian yakni minimal 10 persen. Dari data yang dimiliki Bagian SDM, saat ini Unud memiliki 1394 orang Tenaga Pendidik PNS dan 136 orang Dosen Tetap BLU. Ada 413 orang  Lektor Kepala, 507 orang berjabatan Lektor;  Asisten Ahli 204 orang dan 91 orang berstatus Tenaga Pengajar. Dari data tersebut saat ini, Unud memiliki 149 orang  Lektor dan  255 orang Lektor Kepala yang memiliki ijazah S3 yang merupakan bahan baku menjadi Guru Besar.

“Harapannya semua bisa berproses dan dikukuhkan menjadi Guru Besar. Universitas Udayana saat ini telah membentuk Forum Guru Besar dan Para Guru Besar yang dikukuhkan kali ini akan menjadi anggota Forum tersebut, dimana Forum ini dibentuk untuk mewadahi Para Guru Besar dalam memberikan saran, masukan-masukan maupun hasil pemikiran untuk pengembangan Universitas Udayana kedepan,” ungkap Prof. Antara.

Baca Juga :  Safari Ramadhan di Masjid Al Huda Abiantuwung

Selain tambahan Guru Besar, hal menggembirakan bulan ini bagi Universitas Udayana adalah akreditasi institusi sudah meningkat dari A menjadi Unggul. Ini menjadi modal besar bagi kita untuk menuju lebih jauh lagi. Rektor berharap enam Guru Besar yang baru ini dapat menjadi teladan, mampu mengayomi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat melalui keilmuan yang dimiliki untuk memajukan bangsa dan negara ini.

Sementara Ketua Forum Guru Besar Unud Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD menyampaikan Rektor Unud telah membentuk sebuah organisasi yang tidak struktural yakni Forum Guru Besar dan pihaknya ditunjuk selaku Ketua. Pihaknya berharap melalui forum ini para Guru Besar di Unud bisa memberikan pemikiran dan sumbangsih sesuai yang diamanatkan Rektor. Pada forum ini terdapat enam divisi, tiga terkait Tridharma dan tiga lagi terkait hal-hal diluar Unud yakni lokal, nasional dan internasional. Mewakili Forum, Prof. Suastika mengucapkan selamat kepada enam Guru Besar baru beserta keluarga dan berharap para Guru Besar siap menghadapi tantangan masa depan yang tidak dapat diprediksi.

Baca Juga :  Touring & Berwisata, PCX Heritage Trip Bersama HPCI

“Semoga dengan hadirnya enam Guru Besar ini memberikan tambahan energi untuk mempercepat peningkatan kualitas Unud dan menjadi lebih baik di masa mendatang. Guru Besar yang baru ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi baru untuk kemajuan Unud,” pungkas Prof. Suastika. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini