Bali Bangkit
Ketua DPRD Tabanan Berikan Dukungan terhadap UMKM di Pameran IKM Bali Bangkit. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga bersama jajaran stafnya melakukan kunjungan ke Pameran IKM Bali Bangkit tahap ketiga di Taman Budaya, Art Center, Denpasar, Rabu (20/4/2022). Selain melihat pameran berupa produk busana dan kerajinan, politisi PDI Perjuangan asal Banjar Sakeh, Desa Sudimara ini juga mencicipi produk UMKM, kuliner khas Tabanan, yakni Kedai Binggo.

“Sengaja mengajak staf, biar ikut meramaikan sekaligus memberikan dukungan. Apalagi salah satu kuliner terkenal asal Tabanan juga ada, yakni Kedai Binggo,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Buka Lomba Mancing ST. Jati Laksana Desa Pejaten Kediri

Ia menilai, kuliner jadi salah satu penggerak ekonomi pada masa pandemi. Dirga menyebutkan, salah satunya Kedai Binggo yang beralamat di Banjar Cengolo, Desa Sudimara ini telah dikenal luas oleh pencinta kuliner di Bali. Total, ada delapan stan pameran yang menyuguhkan kuliner asal Tabanan, dengan berbagai olahan.

“Soal kuliner kan harus ada ciri khas. Jika sudah cocok dengan selera, mau berada di mana saja akan dikejar oleh masyarakat,” ujarnya.

Dirga juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Tabanan, yang sangat serius menggarap soal ekonomi kerakyatan saat pandemi melanda. Ia melihat hal itu bisa memberikan semangat bagi pelaku usaha menengah, kecil dan mikro agar tetap semangat dan bertahan.

“Saya secara pribadi dan mewakili masyarakat, mengapresiasi terobosan di bidang ekonomi, terutama pada masa pandemi yang dilakukan oleh Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan,” ujar Dirga.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

Semangat pameran UMKM dan IKM ini tertuang dalam program Gubernur Bali, Wayan Koster, dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali serta prinsip Ekonomi Kerthi Bali membangun Bali Era Baru.

Ekonomi Kerthi Bali terdiri atas enam pilar sektor unggulan, yaitu sektor pertanian dalam arti luas dengan sistem pertanian organik, sektor kelautan dan perikanan, sektor industri, sektor IKM, UMKM dan koperasi, sektor ekonomi kreatif dan digital, serta sektor pariwisata.

“Jadi, polanya sudah jelas. Kebangkitan ekonomi Bali saat pandemi ini harus dilakukan oleh semua pihak. Bisa dimulai dari hal sederhana, contohnya kuliner,” ujarnya.(ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News