NVIDIA
Kartu Grafis (VGA Card). Sumber Foto : Unsplash

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Beberapa waktu yang lalu telah muncul berbagai rumor tentang kartu grafis baru dengan kode XX90, dimana jika melihat dari penomoran tersebut sepertinya kartu grafis tersebut merupakan kartu grafis yang akan dirilis oleh Nvidia.

Sebuah tweet dari kopite7kimi pada Sabtu (12/3/2022) menyampaikan bahwa ada sebuah kartu grafis dengan kode XX90 memiliki TGP 600W. Pada saat yang sama Nvidia dikabarkan sedang menyiapkan untuk perilisan seri kartu grafis barunya.

Seri 4000 yang akan dirilis Nvidia dikabarkan akan membawa pembaharuan dan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Sehingga spekulasi ini banyak yang menduga bahwa bocoran tersebut mengarah pada seri Nvidia 4090.

TGP atau Total Graphics Power sendiri adalah tenaga yang diperlukan oleh kartu grafis untuk mengeluarkan tenaga maksimal, dimana biasanya dihitung dalam satuan watts.

Baca Juga :  Ubisoft Konfirmasi Alami Serangan Siber, Reset Password Semua Akun Pegawainya

Jika melihat rumor kartu grafis baru tersebut yang mencapai 600 watts, maka hal tersebut merupakan angka yang sangat fantastis, mengingat Nvidia seri 3090 memiliki angka TGP sebesar 350 watts.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah diperlukan power supply dengan daya berapa untuk menjalankan pc dengan konfigurasi kartu grafis yang menghabiskan daya sendiri hingga 600W, apakah 1000W atau 1500W, serta ukuran kartu grafis itu sendiri akan seperti apa dan bagaimana mekanisme pendinginannya, karena dengan jumlah daya yang diperlukan berarti tenaga yang dihasilkan juga akan tinggi, sehingga sangat mungkin memerlukan mekanisme pendinginan khusus untuk menghandle komputasi dengan spesifikasi seperti itu. (kmg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini