Kontes Guru SMK
Wujudkan Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor Bali Kembangkan Kreativitas Pendidikan Melalui Kontes Pembelajaran Online Guru SMK. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai salah satu upaya untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja, Astra Motor Bali kembali menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Online untuk guru SMK.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jumat, (24-25/2/2022), diikuti oleh 9 peserta yang berasal dari guru SMK yang merupakan guru produktif dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Bali yang telah  mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang sudah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.

Dengan semangat kompetisi, 9 SMK Jurusan TBSM Astra Honda yang mengikuti kegiatan ini adalah SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Rekayasa Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 1 Gerokgak dan SMK Negeri 3 Singaraja. Para guru ini berlomba menyajikan materi pembelajaran dan praktek teknikal yang menarik secara online.

Technical Service Manager Astra Motor Bali, Agung Surya mengatakan kegiatan ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan dengan dukungan dari PT AHM dalam programnya yang bertajuk ‘Festival Vokasi Satu Hati’. Beragam rangkaian kegiatan dilaksanakan sejak Januari hingga April 2022. Festival Vokasi Satu Hati merupakan terobosan positif guna memacu SMK binaan yang tersebar di 34 Provinsi agar terus mengembangkan setiap potensi dan kompetensi yang ada dalam lingkup sekolah. Harapannya, para siswa dan guru dapat semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

Baca Juga :  387 Pelamar CPNS Tahun 2021 di Buleleng Tidak Lolos Seleksi Administrasi

“Melalui semangat ‘Sinergi Bagi Negeri’, kami terus berkomitmen untuk mengembangkan semua kompetensi yang dimiliki sekolah, Melalui Festival Vokasi Satu Hati, kami juga akan mengkalibrasi kesiapan proses belajar mengajar dari hulu ke hilir, mulai dari kesiapan tenaga ajar hingga sarana fasilitas sekolah sebagai bentuk komitmen kami mendukung kualitas Pendidikan khususnya di Bali,” ujar Agung Surya.

Ajang kreativitas bagi guru ini, terlebih dahulu dilaksanakan seleksi tingkat regional yang selanjutnya akan terpilih satu terbaik masuk dalam tahap seleksi tingkat nasional. Pada program Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, para peserta kontes melakukan praktek kerja teknikal yang dilakukan secara Online dengan waktu 10 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Baca Juga :  Gubernur Koster Fasilitasi 18 Siswa SMA di Bali Mendapatkan Beasiswa untuk Melanjutkan Pendidikan di 10 Universitas Terbaik Dunia

Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Tema materi online kreativitas pembelajaran yang dipilih oleh peserta adalah Teknologi Anti-lock Braking System Honda PCX, Teknologi Alternating Current Generator (ACG) Starter dan Teknologi Quick Shifter dan Assist/Slipper Clutch. Sedangkan materi praktek teknikal peserta diberikan kesempatan untuk memilih memperagakan perakitan driven pulley ataupun Pemasangan Rantai Mesin.

Pada tingkat nasional, penilaian akan melibatkan tim juri yang terdiri dari para profesional trainer, tim teknikal AHM, tim Learning Center AHM serta juri dari kalangan profesional untuk penilaian video tutorial.

Baca Juga :  Guru dan Dosen Agama Hindu Bisa dapat Beasiswa dari Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI

Seluruh rangkaian kontes di tingkat regional hingga nasional tetap menerapkan prokotol kesehatan yang ketat, sesuai dengan ketentuan selama pandemi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini