Kerja ke luar negeri
Sekretaris Utama BP2MI Tatang Budi Utama Razak (tengah). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dua hari beruntun, Jumat (5/11/2021) dan Sabtu (6/11/2021) ITB STIKOM Bali kedatangan dua orang tamu istimewa.

Tamu pertama adalah Sekretaris Utama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Drs. Tatang Budi Utama Razak, MBA. Tamu kedua adalah Konsul Jenderal Jepang yang baru untuk Bali, Miss Katsumata Harumi.

Kedatangan Tatang Budi Utama Razak bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa ITB STIKOM Bali memanfaatkan peluang kuliah sambil kerja di luar negeri terutama Jepang, setelah penandatanganan PKS antara ITB STIKOM Bali dengan BP2MI, pada Kamis (16/9/2021) lalu. Sedangkan kedatangan Miss Katsumata Harumi untuk membuka Japanese Festival ke-5 yang diadakan oleh Unit Kegitan Mahasiswa J-COS (Japanese Community of STIKOM Bali).

Tatang Budi Utama Razak mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui  BP2MI terus berkomitmen mengirim sumber daya manusia berkualitas untuk bekerja di luar negeri baik dengan pola mandiri maupun pola G to G. Salah satunya melalui kerja sama dengan perguruan tinggi ITB STIMKOM Bali untuk mengirim mahasiswa bekerja di luar negeri.

Baca Juga :  DTIK Fest Hadirkan Kontes Ikan Mas Koki Bali, Pelestarian Budaya di Era Digital

Menurut Tatang Budi Utama Razak kedatangannya bersama tiga deputinya yakni Deputi Kawasan Asia dan Afrika A. Gatot Hermawan, Deputi Kawasan Amerika dan Pasifik Lasro Simbolon, Deputi Kawasan Eropa dan Timur Tengah  Ahmad Kartiko untuk memotivasi para mahasiswa ITB STIKOM Bali, Politeknik Nasional Ganesha Guru Singaraja dan Politeknik Nasional Denpasar agar berani mengambil peluang kerja di luar negeri.

“Saya mohon maaf Pak Benny (Kepala BP2MI-red) tidak bisa hadir karena sedang sakit, tapi kedatangan kami di sini ingin menunjukkan keseriusan kami bekerja dan berkolaborasi dengan ITB STIKOM Bali untuk mendorong para mahasiswa kerja di luar negeri. Karenanya hari ini saya bawa tiga deputy saya, dan di deret belakang itu semua para direktur,” kata Tatang sambil memperkenalkan para deputi dan direktur.

Disebutkan, kedatangan ke ITB STIKOM Bali ini ingin memastikan bahwa kerja sama tidak hanya sebatas di atas kertas tetapi kita adalah bagain dari tatanan baru republik ini untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pekerja migran.

“Ke luar negeri sebagai pekerja migran, pulang jadi juragan,” ujar Tatang Budi Utama Razak dan disambut aplaus para hadirin.

Sebelumnya Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti, Prof. Dr. I Made Bandem, MA mengatakan STIKOM Bali Group memiliki empat perguruan tinggi, yakni ITB STIKOM Bali, STT Bandung (Jawa Barat), Politeknik Nasional Denpasar dan Politeknik Ganesha guru Singaraja, serta memiliki 8 SMK Teknologi Informasi Bali Global yang tersebar di Bali dan Jawa Timur serta sebuah lembaga vokasi yakni LPK Darma untuk pengiriman peserta magang ke Jepang.

“ITB STIKOM Bali sendiri memiliki 7.200 mahasiswa, belum ditambah dengan mahasiswa dari  tiga perguruan tinggi lain dan para siswa SMK sehingga kerja sama dengan BP2MI menjadi peluang bagi anak didik kami,” kata Prof. Bandem.

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan melaporkan, saat ini terdaftar 300 calon mahasiswa ITB STIKOM Bali yang sudah megikuti kursus Bahasa Jepang dan siap diberangkatkan ke Jepang menggunakan visa tokutei ginou atau Pekerja Berketrampilan Spesisik (PBS).

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Denpasar 2024

“Mengingat banyaknya peserta, saya berharap test Bahasa Jepang yang sebelumnya diadakan di Surabaya, bisa diadakan di Bali. Kami siap memfasilitasi diadakan di kampus kami,” harap Dadang.

Miss Jepang
Konsul Jenderal Jepang untuk Bali Miss Katsumata Harumi. Sumber Foto : Istimewa

Sementara itu, Konjen Jepang Miss Katsumata Harumi mengaku senang dapat berkunjung ke ITB STIKOM Bali dan mendapat kehormatan membuka Japanese Festival ini.

Menurutnya, kegiatan mahasiswa ini  sangat penting sehingga timbul rasa ketertarikan dan mencintai nilai-nilai budaya Jepang dan kemajuan teknologinya serta makin mempererat persahabatan antara Bali dan Jepang.

Ketua UKM J-COS, M. Hendyika Surya Saputra dalam laporannya menjelaskan, J-Fest ke-5 kali ini dengan tema Aki No Kaze, Hiiro No Ha atau Angin musim Gugur dan Daun Merah, dilaksanakan secara online hari Sabtu (6/11/2021) dan secara offline di Lippo Mall Kuta, Minggu (7/11/2021) besok.

“Jadi di festival kami nanti ada cosplay competition, cosplay parade, band Jepang, idol Jepang, talkshow dari LPK Darma tentag kerja di Jepang  dan talkshow dari CEO org Jepang asli,” terang Hendyka.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News