UKM Himatography
Diseminasi hasil kegiatan P3D Desa Pelaga oleh UKM Himatography ITB STIKOM Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahsiswa Fotography (UKM Himatography) ITB STIKOM Bali kembali mendapat  kepercayaan dari Kemendikbud Ristek RI untuk mendampingi para petani di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung dalam Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D).

Kepercayaan dari Kemendikbud Ristek ini tak lepas dari kiprah UKM Himatography ITB STIKOM Bali dalam Program Holistik  Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D) dengan membantu para petani di Desa Pelaga untuk memasarkan produk pertanian mereka menggunakan teknologi informasi.

Dalam hal ini UKM Himatography membuat membuat website e-commerce untuk Kelompok Tani Green Fresh Desa Pelaga, dengan brand Plagro.id. Melalui laman Plagro.id ini para petani dapat memasarkan produk pertaniannya ke seluruh lapisan masyarakat.

Dosen Pembina UKM Himatography,  IGKG Puritan Wijaya ADH, S.Kom., MMSI., menjelaskan,  keterlibatan UKM Himatography sejak PHP2D hingga P3D di Desa Pelaga sejak tahun 2020 lalu membuktikan bahwa mahasiswa ITB STIKOM Bali, khususnya UKM Himatography memiliki kemampuan di atas rata-rata sehingga selalu mendapat kerpercayaan dari pemerintah, Khususnya Kemendikbud Ristek untuk pendampingan kepada para petani di Desa Pelaga.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Hadiri Malam Grand Final Jegeg Bagus Badung 2022

“Ini kepercayaan kedua dari Kemendikbud Ristek kepada UMK Himatography ITB STIKOM Bali dalam PHP2D dan P3D,” kata Puritan Wijaya di kampus ITB STIKOM Bali, Sabtu (6/11/2021).

Dengan brand Plagro.id, produk-produk pertanian Desa Pelaga kini bisa dipesan masyarakat dan konsumen melalui www.plagro.id juga akun-akun e-commerce Plagro.id  (Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, sayur.box, tanihub).

Puritan Wijaya menjelaskan, kelanjutan dari program tersebut, pada Senin (1/11/2021) lalu dirinya dan beberapa dosen bersama UKM Himatography kembali turun ke Desa Pelaga melakukan deseminasi hasil kegiatan dan penandatanganan usulan RPMJD keberlangsungan program P3D – Ormawa Himatography kepada Kepala Desa Pelaga.

Sebelumnya, pada Jumat (15/10/2021) lalu, UKM Himatography ITB STIKOM Bali bersama beberapa dosennya telah mendampingi para petani yang  tergabung dalam Kelompok Tani Green  Fresh Desa Pelaga untuk membuat konten  media sosial seperti intagram, facebook, youtube dan lainnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Nyekah dan Mapetik Massal di Desa Adat Pelaga

Ketua kelompok kegiatan P3D Himatography, I Gusti Agung Ngurah Indra Muliawan menuturkan, dengan pelatihan pembuatan konten media sosal tersebut diharapkan anggota kelompok tani bisa memposting produk-produk pertaniannya melalui media sosial sehingga membuat para konsumen tertarik dan memesan produk tersebut.

“Sebelumnya kami sudah mengadakan pelatihan secara daring untuk pembuatan konten media sosial. Setelah itu kami lanjutkan dengan pendampingan kepada mereka secara offline untuk membuat konten media sosial sehingga mereka bisa praktek langsung,” kata I Gusti Agung Ngurah Muliawan sambil menambahkan antusias para anggota Kelomp Tani Green Fresh mengikuti pelatihan ini ternyata luar biasa.

Pembina Kelompok Tani Green Fresh Pelaga  I Made Surya Adi Putra, SP, MP dan Ketua Kelompok Green Fresh Pelaga I Kadek Wisnu Negara  menyampaikan rasa terima kasih kepada UKM Himatography ITB STIKOM Bali atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini.

Baca Juga :  Wabup Suiasa buka Pembinaan SDM Pertahanan Negara di Badung

“Anggota kami sangat terbantu dengan brand Plagro.id yang dibuat mahassiwa UKM Himatography ITB STIKOM Bali, kami berharap kerja sama ini tetap berlanjut tahun depan,” kata Made Surya Adi Putra dan Kadek Wisnu Negara.

Seperti diberitakan sebelumnya, kerja sama UKM Himatography ITB STIKOM Bali dengan Desa Pelaga khususnya Kelompok Tani Green Fresh Pelaga di Desa Pelaga berhasil membantu Kelompok Tani Green Fresh Pelaga bertranformasi di masa pandemi saat ini dengan memberikan bantuan wadah pasar online serta melatih anggota-anggota Kelompok Tani Green Fresh Pelaga membuat foto-foto konten produk pertanian yang keren, pengetahuan tentang branding produk, dan juga  anggota kelompok tani bisa memasarkan produk-produk  pertanian menggunakan teknologi digital dan e-commerce.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini