UMKM
KSP Permata Utama Luncurkan Kredit KUBE Tanpa Jaminan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Trobosan positif dan inovasi kembali di lakukan KSP Permata Utama pasca Pandemi Covid-19, dengan meluncurkan produk kredit KUBE (Kelompok Usaha Bersama) dikhususkan untuk pelaku UMKM Ibu-Ibu rumah tangga.

Ketua KSP Permata Utama, I Made jaya Artana, SE ketika di temui BaliBanknews Kamis, 28/10/2021 di Kantor Kas KSP Permata Utama jalan Gatot Subroto No 57 Banjar Anyar Kediri Tabanan mengungkapkan kredit ini khusus untuk masyarakat yang bergerak di sektor UMKM dan mau menjadi anggota koperasi.

“Kita saat ini biayai sepuluh kelompok. Kita batasi jumlah anggota kelompoknya 5-10 orang,” ucapnya.

Artana lebih jauh mengungkapkan, kelompok-kelompok UMKM itupun harus memiliki legalisasi, struktur organisasi yang disetujui oleh pemerintah desa.

Baca Juga :  Peran Penting OJK dalam Mewujudkan Indonesia Baru

“Kelompok ini berbasis banjar atau desa dan komunitas. Dimana jika berbasis banjr kita biayai satu macam jenis usaha saja. Sedangkan jika berbasis klaster dari pelaku usaha di pasar,” ucapnya.

Diakuinya, saat ini sudah lima kelompok yang dikucurkan kredit KUBE dan akan menyusul kelompok yang lain. Dimana dalam satu kelompok dibatasi perolehan kreditnya mulai dari Rp 10 juta dan berkelanjutan.

“Ide kredit ini karena kita koperasi yang berbasis masyarakat. Kita ingin mengajak masyarakat ikut sebagai anggota KSP Permata Utama. Suku bunga kita relatif rendah. Kredit KUBE pembayaran dipungut dua minggu sekali,” ucapnya.

Kabag Kredit KSP Permata Utama, Ni Luh Kade Dewi Sukanadi didampingi I Made Kartika, selaku menejer KSP Permata Utama menambahkan, ini merupakan program kelompok dimana.pembayarannya dua minggu sekali dan pihaknya sudah melakukan sosialisasi.

“Pelaku usaha ingin lebih praktis dan kredit ini sangat diminati oleh pelaku UMKM. Dari segi ibu rumah tangga merasa dibantukan, apalagi tanpa jaminan dan potongan biaya admistrasi hanya saja mereka wajib menjadi anggota,” ucapnya.

Kartika mengatakan, KSP Permata Utama berbasis masyarakat dan berharap kredit ini semakin luas dan semakin meningkat dari jumlah pinjamannya hingga bisa mencapai Rp 30 juta.

Baca Juga :  DPRD Bali Peringati HUT Provinsi Bali ke-66, Pj Gubernur Ajak Warga Jaga Perdamaian di Pilkada 2024

“Respon sangat bagus, dan kedepan pembiayaan kepada pelaku UMKM semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan produk kredit KUBE ini,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News