Tukik
GenBI Undiksha Gelar Pelepasan Tukik di Pantai Penimbangan Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – GenBI Komisariat Unversitas Pendidikan Ganesha melangsungkan kegiatan GenBI Peduli Satwa sebagai bentuk progam kerja pertama pada triwulan kedua dari Divisi Lingkungan Hidup GenBI Komisariat Undiksha.

Kegiatan tersebut diawali dengan persembahyangan bersama kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari dari Wakil Komisariat Undiksha, Ketua Lingkungan Bakti Seraga, Kelian Desa Adat Galiran, Kepala BKSDA Buleleng, serta Ketua Pokwasmas sekaligus yang membuka kegiatan tersebut, Minggu (26/9/2021) lalu.

GenBI Peduli Satwa mengusung tema ‘Save the Environment with Freedom’ yang tentunya berfokus pada bagaimana bentuk kepedulian kita terhadap mahkluk hidup dan alam salah satunya yaitu dengan melakukan pelepasan tukik di pesisir pantai bertempat di Pantai Penimbangan Buleleng.

Setelah dilakukannya persembahyangan bersama, dilanjutkan dengan pelepasan 25 tukik berjenis tukik lekang, dengan cara membuka batok kelapa secara serentak, kemudian tukik akan mendengarkan suara ombak yang menuntunnya berjalan menuju air laut.

Baca Juga :  Jadi Perbincangan, Sekda Suyasa Calon Kuat PJ Bupati Buleleng 

“Kita tidak hanya melakukan pelepasan tukik saja, tetapi juga membersihkan penangkaran tukik dan memindahkan 119 telur tukik ke dalam pasir guna mempermudah penetasan telur. Pelepasan tukik hanya bisa dilakukan pada pagi dan sore hari, karena jika siang hari maka suhu air laut terlalu panas untuk tukik sehingga menyebabkan kematian tukik itu sendiri,” tandas Ketua Pokwasmas Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana.

GenBI Undiksha melalui divisi lingkungan hidup akan terus berupaya untuk menjaga kelestarian alam beserta makhluk hidupnya melalui berbagai program kerja, sehingga dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk turut serta menjaga satwa terutama yang satwa yang dilindungi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini