Pertamuda
Tiga pemenang Pertamuda Seed & Scale 2021 dari Tim Chickin, Tekpang dan Analitica berfoto bersama Juri dan Rifky Rakhman Yusuf Manager Non-Government Relations PT Pertamina (Persero) saat pengumunan hasil penjurian kompetisi wirausahawan muda itu pada Rabu (1/9/2021). Sumber Foto : Istimewa

Penilaian dewan juri merujuk pada aspek orisinalitas dan kebaruan ide, argumentasi, menjawab kebutuhan sebagian besar pengguna dan bisa menjadi solusi yang berkelanjutan, bisa menjadi sebuah produk atau jasa yang bisa diwujudkan dan dikembangkan serta memiliki aspek nilai ekonomi yang menguntungkan dan pengembangan dalam waktu cepat.

Awalnya, ajang Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda (Pertamina Muda) Seed & Scale 2021 khusus untuk mahasiswa ini diikuti oleh 2025 tim dari kampus seluruh Indonesia. Namun setelah melalui tahap kurasi, sebanyak 50 tim dari 23 kampus lolos sebagai finalis untuk mengikuti tahapan demoday.

Baca Juga :  AMSI Konsisten Bangun Media Lokal untuk Kuatkan Ekosistem Media Digital di Indonesia

Tahapan demoday diawali dengan workshop bisnis selama empat kali. Kemudian dalam demoday selama tiga hari yang dipandu para mentor dari kalangan praktisi dan pakar bisnis, mereka digembleng, diinterview dan digali lebih dalam ide bisnisnya. Terjadi diskusi dan perdebatan yang panjang dalam tahapan ini.

Tim mentoring meneliti satu per satu ide bisnis masing-masing tim. Setelah melalui pedebatan yang alot di dalam tim mentoring, akhirnya diputuskan Top 20. Ke-20 tim ini masuk ke tahap penentuan. Mereka mempresentasikan ide bisnisnya di depan dewan juri untuk penentuan Top 3.

Baca Juga :  Jangan Lewatkan Serunya Virtual Launching Sport Adventure Touring New CB150X di Media Sosial Hondafansbali

“Meski di masa pandemi, semua produktif, menghasilkan karya yang inovatif. Meskipun tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka, namun tidak mengurangi esensi kegiatan. Kami lakukan kegiatan ini secara daring karena mengikuti peraturan pemerintah terkait PPKM,” kata Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero) pada Rabu,  1 September 2021.

Fajriyah mengucapkan selamat kepada seluruh peserta, terkhusus bagi tim yang masuk Top 3. Fajriyah berharap, ide bisnis yang digagas masing-masing tim segera dapat diwujudkan dan dikembangkan, dalam rangka menggeliatkan dunia usaha, menumbuhkan perekonomian masyarakat, mendapatkan keuntungan serta nilai manfaat, dan tentunya membuka lapangan kerja baru.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here