Bahasa Bali
Bupati Bangli Menyerahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Bercerita Tingkat SD Dan Lomba Pidarta Basa Bali Tingkat SMP. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, SE., yang didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiartha, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Bangli, I Nengah Wikrama, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bercerita tingkat SD dan lomba Pidarta Basa Bali tingkat SMP se-Kabupaten Bangli tahun 2021.

Bertempat di ruang pertemuan Dinas PKP Kabupaten Bangli Rabu (29/9/2021) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta dalam laporannya menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan lomba dan penyerahan hadiah pemenang lomba bercerita tingkat SD dan Pidarta Basa Bali tingkat SMP se-Kabupaten Bangli tahun 2021 yang perlombaannya sudah dilaksanakan pada bulan April 2021 yang lalu, dengan maksud sebagai upaya meningkatkan budaya gemar membaca di kalangan siswa khususnya anak-anak SD dan SMP dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kebiasaan membaca masyarakat terutama di kalangan siswa, menstimulasi para siswa untuk kreatif dan terampil serta cinta kepada kebudayaan dan melestarikannya, guna mewujudkan generasi gemar membaca sebagai generasi penerus Bangsa.

Baca Juga :  PLN Serahkan Bantuan CSR 826 Juta Rupiah di 8 Kabupaten/ Kota di Bali

Sugiarta juga menambahkan, lomba bercerita tingkat SD dan Pidarta Basa Bali tingkat SMP tahun 2021 telah dilaksanakan pada bulan april 2021 yang lalu yang bertempat di pendopo SDN 4 Kubu Bangli.

“Peserta lomba bercerita tingkat SD diikuti sebanyak 20 orang yang terdiri dari perwakilan maisng-masing kecamatan sebanyak 5 orang. Sedangkan peserta lomba pidarta basa bali tingkat SMP sebanyak 16 orang yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing kecamatan sebanyak 4 orang,” pungkasnya.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, pada zaman globalisasi ini tidak dapat dipungkiri bahwa membaca merupakan sebuah kebutuhan dan kewajiban khususnya bagi para siswa tingkat SD dan SMP karena dengan membaca maka akan menambah kazanah dan pengetahuan seseorang terhadap berbagai hal yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam perkembangan intelegensinya di kemudian hari terlebih sekarang sudah memasuki era industri 4.O.

Walaupun sudah memasuki era digitalisasi namun demikian pengetahuan dan ketrampilan siswa tidak boleh lepas dari pengetahuan tentang budaya yang memiliki nilai-nilai luhur melalui ketrampilan bercerita dan juga berpidato/pidarta bahasa bali khususnya di kalangan SD dan SMP.

Baca Juga :  Agus, Pebisnis Muda Berjiwa Sosial Tinggi Bantu Korban Banjir Bandang

Selamat kepada para pemenang lomba, jangan dilihat dari nominal hadiah yang diberikan tetapi lebih daripada itu, maknailah penghargaan yang diberikan sebagai sebuah pengakuan bahwa anak-anak yang menjadi juara merupakan tauladan dan sekaligus akan bisa memotivasi kreatifitas para siswa lainnya.

“Teruslah meningkatkan minat membaca para siswa untuk meningkatkan kualitas diri, guna menambah daya saing kita baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” tutupnya. (ana/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini