Uma Lengge
Uma Lengge. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BIMA – Indonesia seolah tidak pernah kehabisan berbagai obyek wisata menarik. Tak hanya Danau Toba di Sumatera Utara, suku Asmat di Papua, Bali, indahnya hutan tropis Borneo di Kalimantan, hingga berbagai destinasi lainnya, Indonesia juga masih punya banya tempat menarik lainnya.

Salah satunya adalah Uma Lengge di Bima, Nusa Tenggara Barat. Berikut ini beberapa hal menarik tentang destinasi wisata yang satu ini, menurut penuturan W88 Indonesia.

  1. Peninggalan masa lalu

Pihak dinas pariwisata setempat mengatakan bahwa Uma Lengge adalah struktur bangunan kayu yang menggunakan ilalang sebagai atap. Bangunan ini merupakan peninggalan masa lalu yang difungsikan terutama sebagai lumbung padi.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan Personil, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Laksanakan Latihan Modular Exercise
  1. Memiliki arti tersendiri

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat, Uma Lengge memiliki arti tersendiri. Dalam bahasa setempat, Uma diartikan sebagai rumah. Adapun kata Lengge berarti segitiga. Dengan kata lain, Uma Lengge berarti rumah berbentuk segitiga.

  1. Tahan gempa bumi

Meski tergolong bangunan peninggalan masa lalu, namun Uma Lengge memiliki konstruksi yang terbilang cukup kuat. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan bangunan ini dalam menahan guncangan gempa bumi. Hal ini jugalah yang membuat bangunan ini sangat unik.

  1. Kaya akan filosofi
Baca Juga :  Astra Financial & Logistic Tawarkan Beragam Promo dan Hadiah Menarik di GIIAS 2021

Sebagai produk budaya, Uma Lengge tentu sarat akan filosofi budaya setempat. Bangunan ini tidak sebatas digunakan sebagai tempat penyimpanan padi oleh masyarakat sekitar. Namun masyarakat juga dilarang untuk mengambil padi dari lumbung tersebut melebihi batasan 2 kali pengambilan. Dengan langkah ini, para tetua setempat berharap lumbung tidak pernah kosong. Hal ini merupakan kebijakan setempat agar selalu tersedia stok pangan yang cukup bagi seluruh anggota masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here