LPD Sehat
Kepala LPD Pemogan: Tumbuhkan Kepercayaan, Kunci Membangun LPD yang Sehat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lembaga Perkreditan Desa (LPD) memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah desa. Sehat dan tidak sehatnya LPD sangat tergantung oleh warga desa. Oleh karena itu peningkatan rasa kepercayaan warga desa terhadap LPD sangat penting dihadirkan guna menjaga eksistensi sebuah LPD. Hal demikian juga disadari dan tengah dilakukan oleh LPD Desa Adat Pemogan.

Kepala LPD Desa Wdat Pemogan, Ni Made Eka Wati, S.E., mengatakan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan LPD sangat penting untuk menunjang kelangsungan LPD dalam pembangunan desa. Hal ini karena secara aturan 20 persen dari keuntungan LPD diperuntukan untuk pembangunan desa baik dalam bentuk fisik maupun non fisik seperti upacara adat, suka-duka, ataupun support kegiatan budaya.

Baca Juga :  Senang Disebut Tuli, Aksesibilitas Menjadi Hal Penting

“Menjaga kepercayaan masyarakat terhadap LPD adalah salah satu hal penting dilakukan. Menjaga kepercayaan dalam bentuk penyadaran akan arti, peran, dan fungsi LPD bagi masyarakat desa, bahwa LPD ibarat sebagai pohon ia merupakan akar dan sementara pohon adalah desa. Ketika LPD ini sehat maka pohon itu akan subur, jadi pohon (desa) tersebutlah yang mengayomi masyarakat, karena bagaimanapun 20% keuntungan LPD adalah untuk pembangunan desa,” ungkap Made Eka Wati.

Selain melalui penyadaran kepada warga desa, upaya lainnya yang dilakukan oleh LPD desa adat Pemogan untuk meningkatkan rasa kepercayaan warga terhadap LPD adalah dengan menghadirkan program-program yang langsung bermanfaat bagi masyarakat seperti bantuan upacara adat, santunan untuk orang meninggal, serta bantuan kegiatan budaya seperti ogoh-ogoh.

“Warga desa yang meninggal akan mendapat santunan Rp1 juta, kalau ada kegiatan ogoh-ogoh tinggal mengajukan proposal sehingga mereka dapat dana, selain itu ketika ada odalan di pura desa atau kahyangan tiga kita tetap mepunia, itu satu juta per-pura, termasuk proposal-proposal lainnya seperti nasi kotak, jajan, pasti kita support,” terang MadeEka Wati,

Made Eka Wati juga menambahkan bahwa sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, LPD Pemogan sering mengadakan program yang bertujuan memberikan service kepada nasabah. Salah satu bentuk program itu adalah kupon sembako.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini