Bibit Ikan
Bupati Instruksikan DKPP Buleleng Suplai Bibit Ikan untuk Danau Tamblingan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Putu Agus Suradnyana menginstruksikan Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng, Bali menyuplai bibit ikan untuk ditebar di Danau Tamblingan.

“Ini diperlukan untuk menjaga kelestarian Danau Tamblingan. Termasuk Danau Buyan juga,” ujarnya saat ditemui usai menyerahkan secara simbolis bantuan bibit ikan di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Jumat (13/8/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan Dana Buyan dan Danau Tamblingan harus dijaga kelestariannya. Khususnya Danau Tamblingan. Kecukupan sumber hayati utamanya di bidang perikanan harus dikembangkan dan memberi manfaat. Namun, ekosistemnya tidak berjalan dengan baik. Ini dikarenakan ada predator seperti ikan zebra yang masuk ke danau.

“Jadi anak-anak dari ikan nila, mujair, karper semua dimakan ikan zebra. Sehingga kalau kita memanen indukannya yang sudah besar, tidak ada kelanjutan lagi,” jelasnya.

Baca Juga :  Kemenparekraf Hibahkan Dana untuk Penanganan Sektor Pariwisata di Buleleng

Oleh karena itu, suplai bibit ikan harus rutin dilakukan. Sehingga, kelanjutan dari ikan-ikan di Danau Tamblingan ini terus berjalan dan berkelanjutan. Utamanya, suplai dari DKPP yang merupakan instansi terkait untuk mengurus perikanan. Suplai tersebut berjumlah 10 ribu ekor benih ikan. Untuk selanjutnya ditebar di Danau Tamblingan.

“Dari hasil diskusi saya tadi, DKPP siap suplai 10 ribu ekor di Danau Tamblingan. Sehingga kecukupannya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sini,” ucap Agus Suradnyana.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini