Planet Tourism Indonesia 2021
MarkPlus Kembali Hadirkan Planet Tourism Indonesia 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Animo masyarakat untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kembali menghadapi ketidakpastian pada Juli 2021. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah untuk memperketat pembatasan sosial dengan label PPKM Level 1-4 sebagai tanggapan atas catatan jumlah kasus harian COVID-19 yang melebihi 50.000 hasil tes positif per hari.

Kebijakan ini menimbulkan potensi gagalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal ketiga 2021. Bali khususnya, pulau yang bergantung pada pariwisata dan ekonomi kreatif sedang dalam masalah. Ditargetkan akan dibuka kembali pada Juli atau Agustus 2021, belakangan ini lonjakan kasus baru yang kian meninggi membuat pemerintah memutuskan untuk menunda rencana tersebut.

Baca Juga :  Soma Ribek, Upacara Penghormatan Terhadap Beras di Pulu dan Padi di Lumbung

Lantas para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif perlu membentuk inisiatif baru untuk mampu bertahan di masa krisis. Tak terhenti pada upaya penanganan saja, urgensi pertahanan sektor ekonomi dalam masa ini dinilai harus menimbang sisi keberlanjutan sebagai pendorong masa depan perekonomian. Melihat urgensi ini, MarkPlus, Inc. kembali menghadirkan acara tahunan Planet Tourism Indonesia (PTI) pada 22-23 September 2021.

Melalui acara ini, akan dibahas secara eksklusif isu-isu relevan terkait pariwisata berkelanjutan dengan mengundang berbagai pembicara Nasional dan Internasional berlatar belakang penta-helix seperti  Dr. H. Sandiaga Salahuddin  Uno, B.B.A.,  M.B.A.  (Menteri Kemenparekraf), Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. (Wakil Gubernur Bali), Hermawan Kartajaya (Founder & Chairman MarkPlus, Inc.), Zulkieflimansyah (Gubernur Nusa Tenggara Barat), Nia Niscaya (Wakil Bidang Pemasaran Kemenparekraf), dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Terbitkan Surat, MDA Tetap Larang Aktivitas ISKCON dan Hare Krishna di Bali

Mengusung 4 pilar pariwisata berkelanjutan oleh Global Sustainable Tourism Council yaitu manajemen keberlanjutan, sosial dan ekonomi, budaya, dan lingkungan, MarkPlus, Inc. mengangkat pilar kedua GSTC yaitu sosial dan ekonomi untuk menjadi fokus diskusi Planet Tourism Indonesia 2021. Diskusi pada sesi panel discussion PTI 2021 akan membahas pemahaman pariwisata berkelanjutan sebagai kunci utama untuk memulihkan perekonomian Indonesia dalam menyambut ‘The New Era of Responsible Tourim’.

Setelah sukses diselenggarakan secara online di tahun 2020 yang mencapai 750 partisipan dengan 3 agenda utama, yaitu: seminar sessions, awarding, networking dan travel exhibition, tahun ini Planet Tourism Indonesia (PTI) akan diselenggarakan kembali secara OMNI dengan beragam topik panel discussions seperti Driving Local Economies at 4 Super Priority Tourist Destination, Partnership for Sustainable Tourism Development Perspective from Donors, BUMN, and insights Between PoltekPar and Village  Tourist Destination, smart tourism, environmental sustainability, tourism villages sustainability dan beragam topik dari special speech dan sesi-sesi breakout.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here