Pramuka
Ketua Kwarcab Ingin Pramuka Buleleng Tetap Beraktivitas dan Eksis dalam Segala Situasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka yang juga Sekretaris Daerah Buleleng, Gede Suyasa menginginkan agar Gerakan Pramuka Buleleng tetap menunjukkan eksistensi dan beraktivitas dalam situasi apapun.

“Walaupun dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, tentu kita mengharapkan bahwa dalam situasi apapun, pramuka tetap bisa beraktivitas, tetap eksis, tetap membantu mendidik, membentuk karakter anak-anak muda agar memiliki kepekaan terhadap segala situasi,” ujar Gede Suyasa usai memimpin upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Qurastana Singaraja, dalam rangkaian acara peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021, Jumat (13/8/2021).

Selain itu, lanjut Suyasa, gerakan pramuka juga diharapkan untuk selalu bersedia untuk menjadi relawan, bersedia untuk membantu daerah ataupun negaranya, sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dan negara. Kegiatan pramuka dimasa pandemi ini tetap dilakukan dengan protokol yang sangat ketat.

Baca Juga :  Wakil Bupati dan PMI Buleleng Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran

“Seperti hari ini saja kita apel ziarah dibatasi jumlahnya hanya 20 orang. Yang kedua juga ada kegiatan sosial seperti donor dan juga kegiatan lain yang bersifat virtual dilaksanakan terus sampai puncaknya tanggal 14 Agustus besok,” imbuhnya.

Dalam rangkaian Hari Pramuka ke-60 ini juga, Gerakan Pramuka Buleleng tak lepas dari segala upaya yang berkaitan dengan pemutusan rantai penularan Covid-19 di Buleleng. Itu dilakukan secara sinergi dengan Pemerintah Daerah. Banyak hal yang sudah dilakukan pramuka terhadap situasi pandemi, seperti kemarin melakukan penyemprotan di tiga tempat Isolasi Terpusat (Isoter). Selain itu juga membantu Dinas Sosial Kabupaten Buleleng untuk membagikan sembako kepada masyarakat miskin atau terdampak,

Baca Juga :  Kasus Meninggal Dunia Nihil, Sebanyak 15 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar

“kegiatan lain ketika ada gerakan penanaman serentak juga ikut. Hampir semua kegiatan yang bersifat sosial, lingkungan, itu pramuka hadir,” papar Suyasa.

Sementara itu, Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng I Made Tingkat menjelaskan rangkaian penyambutan Hari Pramuka yang ke-60 Tahun 2021 terdapat tiga kegiatan. Mulai pagi tadi ada ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Qurastana. Selanjutnya setelah kegiatan ini selesai dilanjutkan dengan acara donor darah yang dilakukan terhadap anggota pramuka dan masyarakat umum. Jadi memberikan kontribusi untuk menyumbangkan darah pada yang memerlukan nantinya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan Penghargaan Lencana Panca Warsa Bagi Insan Pramuka Denpasar

“Hari ini target kita 30-40 orang untuk melakukan donor. Dan untuk nanti sore, kita ada kegiatan renungan dan ulang janji. Khusus diikuti dan dilaksanakan oleh kwarcab, itu diikuti khusus untuk anggota pramuka saja,” tutupnya.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here