Bibit Ikan
Bupati Instruksikan DKPP Buleleng Suplai Bibit Ikan untuk Danau Tamblingan. Sumber Foto : Istimewa

Sementara itu, Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana menyebutkan penebaran benih ikan dilakukan di Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Di Danau Buyan ditebar benih ikan nila sebanyak lima ribu ekor. Sedangkan, di Danau Tamblingan ditebar benih ikan nila sebanyak 12 ribu ekor dan ikan karper sebanyak tiga ribu ekor. Ukuran dari benih ikan yang ditebar berkisar antara tujuh sampai sembilan sentimeter.  Jika kurang dari ukuran tersebut, predator akan memangsa benih ikan yang ditebar.

“Sehingga keberlanjutan ikan itu tidak bisa dijamin. Kalau sudah diatas itu bisa diamankan dan bisa dinikmati untuk dikonsumsi oleh masyarakat di sini. Semoga bermanfaat kedepannya,” sebutnya.

Baca Juga :  Lestarikan Nyurat Aksara dan Berbahasa Bali, Tenaga Penyuluh Sasar Seluruh Anak-anak dan Generasi Muda Buleleng

Disinggung mengenai instruksi Bupati, mantan Camat Busungbiu ini menambahkan pihaknya siap menyiapkan 10 ribu benih ikan setiap bulannya. Hal tersebut diperlukan untuk keberlanjutan tersedianya ikan di Danau Tamblingan. Penebaran juga akan dilakukan di Danau Buyan untuk menjaga kebermanfaatan dari bidang perikanan di sana. Selama predator masih ada, penebaran ini harus rutin dilakukan agar jumlah ikan tidak berkurang. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada nelayan jika menemukan ikan zebra untuk tidak dilepas lagi. Dengan begitu, jumlah predator akan berkurang.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat bisa mengkonsumsi ikan di situasi pandemi. Ya dengan cara penebaran benih ikan secara rutin,” imbuh Putra Aryana.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News