Bebas Covid-19
Sosialisasi QRCode di Banjar Merta Nadhi, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – ITB STIKOM Bali dan Bamboomedia bersama Dinas Komunikasi,  Informatika, dan Statistik (Diskominfos)  Kota Denpasar bergerak cepat, seakan berpacu dengan waktu guna menyiapkan Bali bebas Covid–19, Selasa (24/8/2021) kemarin di Banjar Merta Nadhi Jl. Gadung No. 47 Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara dipilih sebagai pilot project pemasangan QRCode guna melacak mobilitas penduduk yang datang di banjar tersebut, sekaligus sosialisasi riset Ideathon Bali Kembali.

Direktur Layanan Industri, Karir, dan Alumni ITB STIKOM Bali, Dr. Evi Triandini, M.Eng., menjelaskan, kegiatan pemasangan QRCode di Banjar Merta Nadhi ini adalah pelaksanaan dari riset ‘Implementasi Sistem Tracing dan Tracking Mobilitas Publik Berbasis CRCode dan Big Data untuk Mendukung Pembukaan Industri Pariwisata di Bali: Sudi Kasus Kota Denpasar’, yang sudah lolos dari Riset Ideathon Bali Kembali dan dibiayai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga :  Serahkan Antribut Kepada "Gen Dental" di Ajang DEF, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Berbagai Sekolah

“Kegiatan pemasangan QRCode di Banjar Merta Nadhi kemarin sebagai salah tempat yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data masyarakat yang berkunjung ke banjar tersebut. Tujuan pemasangan QRCode bagi Banjar Merta Nadhi yaitu mendapatkan data masyarakat yang datang ke banjar tersebut. Jika terdapat masyarakat yang terkena Covid-19 maka masyarakat yang pernah kontak dengannya akan mendapatkan notifikasi. Hal ini akan mengurangi adanya Covid -19 dari klaster keluarga,” kata Evi Triandini di kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Rabu (25/08/2021).

Menurut Evi Triandini, Banjar Merta Nadhi dipilih untuk pemasangan QRCode dan SpeedID karena masih ada mobilitas warga yang berurusan dengan segala keperluan di banjar ini.

Baca Juga :  Ayu Kristi Arya Wibawa Tinjau Bulan Bakti Gotong Royong Desa Sumerta Kelod

“Dengan pemasanagan QRCode ini,  jika ada warga yang terkonfirmasi postif Covid–19 dan datang di banjar ini, sudah pasti dapat terlacak  dan warga yang melakukan kontak erat dengannya segera mendapat notifikasi dari Satgas Penanganan Covid–19 sehingga segera mendapat perawatan,” terang Evi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dusun (Kelian Banjar) Merta Nadhi, AA Rai Dana Putra mengatakan sangat berterima kasih karena wilayahnya menjadi pilot project penanganan Covid–19 di Kota Denpasar.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News