Bebas Covid-19
Sosialisasi QRCode di Banjar Merta Nadhi, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara. Sumber Foto : Istimewa

Menurut Dana Putra, meski di banjar ini pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat tetapi kehadiran alat ini akan sangat membantu melacak keluarga yang terpapar Covid–19. Secara offline, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor I TB STIKOM Bali, Ida Bagus Suradarma, SE., M.Si., Kelian Adat Banjar Merta Nadhi, IB Anom Suwabawa serta perwakilan dari Bamboomedia.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfostatistik Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, SE., M.Si., dalam pengarahannya secara virtual mengatakan, pemerintah Kota Denpasar sangat mendukung kegiatan pemasangan QRCode di Banjar Merta Nadhi dan sosialisasi agar warga melakukan chek-in melalui smartphone-nya jika datang ke banjar. Denpasar memiliki kurang lebih 400 banjar, diharapkan banjar-banjar tersebut bergabung dalam program ini.

Baca Juga :  Saling Semangati, Manja Luncurkan "Rise"

“Semakin banyak banjar dipasang QRCode akan lebih memudahkan kita mendeteksi siapa saja di lingkungan terdekat kita yang terpapar Covid-19,” kata Dewa Agung.

Seperti diberitakan sebelumnya, ITB STIKOM Bali mendapat kepercayaan dari BNPB untuk riset bersama Bamboomedia dan Dinas Kominfostatistik Kota Denpasar tentang implementasi aplikasi berbasis QRCode guna melacak mobilitas penduduk kota Denpasar.

Dengan aplikasi khusus berbasis QRCode ini, jika ada orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mendatangi suatu pusat keramaian dan melakukan kontak erat dengan orang-orang di sekelilingnya, otomatis data orang tersebut akan tercatat dalam Big Data. Selanjutnya Big Data ini segera mengeluarkan informasi akurat tentang berapa orang yang terpapar dari satu kerumunan tadi kepada Satgas Covid-19.

Mekanismenya, setiap lokasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat akan dipasang QRCode. Setiap orang mendatangi suatu lokasi pusat keramaian diminta untuk download aplikasi SpeedID yang telah dikembangkan oleh Tim Riset Bamboomedia.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini