Ekonomi Bali

Terkait dengan penerapan PPKM darurat, Trisno Nugroho menganalogikannya sebagai jamu pahit yang dalam jangka pendek terlihat kurang bersahabat bagi perkembangan ekonomi. Namun dalam jangka panjang merupakan salah satu obat mujarab bagi rebound perekonomian Bali.

“PPKM darurat dapat membawa dampak positif apabila efektif mencapai tujuannya, yakni terkendalinya angka Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan ini harus mendapat dukungan semua pihak, agar tujuannya dapat tercapai dan PPKM tidak berkepanjangan.

“Semakin cepat angka covid terkendali, semakin cepat perekonomian kita bangkit,” katanya.

Di masa yang penuh dengan ketidakpastian terutama dalam pandemi Covid-19 seperti saat ini, ujarnya, peran data dan informasi terutama melalui survei menjadi hal yang penting.

Baca Juga :  Hari Ini AHASS Siaga Plus di Negara Siap Layani Pemudik

Data dan informasi tersebut berperan sebagai leading indikator penyusunan perkiraan perkembangan perekonomian ke depan yang pada akhirnya bermuara untuk menentukan arah kebijakan perekonomian nasional. Bank Indonesia saat ini berupaya agar analisis dan asesmen yang disusun selalu forward looking terhadap perekonomian ke depan.

“Dengan demikian, kebijakan yang diambil dapat bersifat mengantisipasi atau mendahului situasi yang mungkin akan terjadi ke depan,” ungkapnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News